Babak I Inggris Vs Skotlandia, Duel Panas Berakhir Tanpa Gol

  • Whatsapp

LONDON, KOMPAS.com – Babak pertama pertandingan timnas Inggris vs timnas Skotlandia berakhir imbang tanpa gol.

Read More

Duel timnas Inggris vs timnas Skotlandia merupakan laga Grup D Euro 2020 yang dihelat di Stadion Wembley, Sabtu (19/5/2021) dini hari WIB.

Derbi tertua dalam sejarah sepak bola dunia ini berjalan sangat sengit pada babak pertama.

Total 14 f pelanggaran tercipta sepanjang baba pertama. Dari segi permainan, Inggris dan Skotlandia masih kesulitan menembus pertahanan lawan masing-masing.

Skotlandia yang bermain menunggu sepanjang babak pertama tercatat hanya mampu melepaskan satu tembakan tepat sasaran.

Di sisi lain, Inggris yang mendominasi penguasaan bola dengan persentase mencapai 63 persen juga hanya memiliki satu peluang emas.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peluang emas itu tercipta pada menit ke-12 ketika sundulan bintang Manchester City, John Stones, membentur tiang gawang.

Jalannya babak pertama Inggris Vs Skotlandia:

Gareth Southgate melakukan dua perubahan dalam susunan pemain Inggris dibandingkan dengan laga pertama Grup D Euro 2020 melawan Kroasia.

Kieran Trippier dan Kyle Walker yang sebelumnya menjadi starter pada laga melawan Kroasia kali ini tidak dimainkan.

Sebagai gantinya, Southgate memainkan Reece James dan Luke Shaw untuk mengisi pos bek sayap.

Terdapat satu fakta menarik dari starting line up Inggris. Dikutip dari situs Opta, ini adalah starting line up termuda timnas Inggris dalam sejarah Piala Eropa atau Piala Dunia dengan rata-rata usia 25 tahun 31 hari.

Di sisi lain, Skotlandia tampil dengan formasi 3-5-2 mengandalkan para bintang Premier League mereka seperti Kieran Tierney, Andy Robertson, Billy Gilmour, John McGinn, hingga Scott McTominay.

Inggris dan Skotlandia bermain terbuka sejak menit awal. Inggris selaku tuan rumah langsung mendapat peluang emas pada menit ke-12.

Menerima umpan sepak pojok Mason Mount, John Stones yang tidak terkawal di kotak penalti Skotlandia berhasil membelokkan bola dengan kepalanya.

Namun, John Stones sedikit kurang beruntung karena sundulannya hanya membentur tiang gawang Skotlandia yang dikawal David Marshall.

Rivalitas panjang Inggris dan Skotlandia tercermin dari statistik 15 menit pertandingan.

Total sudah ada delapan pelanggaran yang dilakukan pemain kedua tim dengan satu kartu kuning sudah dikeluarkan wasit Antonio Mateu Lahoz.

Hingga menit ke-20, Skotlandia masih kesulitan mengembangkan permainan. Skotlandia asuhan Steve Clarke tercatat hanya satu kali mengalirkan bola di kotak penalti Inggris hingga menit ke-20.

The Tartan Army, julukan Skotlandia, pada akhirnya sukses melepaskan tembakan tepat sasaran pada menit ke-30.

Peluang Skotlandia kali ini berawal dari akselerasi bintang Arsenal, Kieran Tierney, yang menyusur sisi kanan pertahanan Inggris.

Setelah berhasil lolos sampai sepertiga pertahanan Inggris, Kieran Tierney melepaskan umpan silang.

Umpan tersebut langsung disambut oleh Stephen O’Donnel dengan tembakan voli kaki kanan. Beruntung bagi Inggris karena Jordan Pickford masih sangat sigap untuk menepis keluar temabakan Stephen O’Donnell.

Tidak ada peluang tambahan tercipta hingga akhir babak pertama.

Susunan Pemain Inggris Vs Skotlandia:

Inggris (4-2-3-1): 1-Jordan Pickford; 24-Reece James, 5-John Stones, 15-Tyrone Mings, 3-Luke Shaw; 4-Declan Rice, 14-Kalvin Phillips, 20-Phil Foden, 19-Mason Mount, 10-Raheem Sterling; 9-Harry Kane

Pelatih: Gareth Southgate

Skotlandia (3-5-2): 1-David Marshall; 6-Kieran Tierney, 5-Grant Hanley, 4-Scott McTominay; 3-Andrew Robertson, 8-Callum McGregor, 23-Billy Gilmour, 7-John McGinn, 2-Stephen O’Donnell; 10-Che Adams, 9-Lyndon Dykes

Pelatih: Steve Clarke

#Babak #Inggris #Skotlandia #Duel #Panas #Berakhir #Tanpa #Gol #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts