Debutan ke-35 Italia Mancini, Bisa Jadi Senjata Rahasia di Euro 2020

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pelatih Italia, Roberto Mancini, gemar memberikan kesempatan buat wajah baru. Debutan ke-35 di era Mancini berpotensi jadi senjata rahasia Italia di Euro 2020.

Read More

Roberto Mancini benar-benar membawa angin perubahan bagi Italia. Konteksnya bukan cuma soal hasil, tapi juga komposisi tim.

Sejak resmi diangkat sebagai pelatih Italia pada Mei 2018, Roberto Mancini secara total telah memberikan kesempatan debut kepada 35 pemain.

Figur terbaru yang diberikan kans debut mengenakan seragam biru Italia adalah Giacomo Raspadori (21 tahun) yang turun sebagai pemain pengganti dalam laga uji coba kontra Ceko di Stadion Renato Dall’Ara, Sabtu (5/6/2021) dini hari WIB.

Dalam laga yang dimenangi Italia dengan skor 4-0 itu, Giacomo Raspadori mentas selama sekitar 12 menit, menggantikan Ciro Immobile.

“Luar biasa dan saya tak akan pernah bisa melupakannya, terlebih bermain di sini, di kampung halaman dengan keluarga saya ikut menyaksikan di tribun,” ujar Raspadori menanggapi debutnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mancini selama ini memang dikenal punya cukup nyali memberikan kesempatan bagi wajah baru mengenakan kostum Gli Azzurri (Si Biru), julukan Italia.

Nama-nama seperti Nicolo Barella, Nicolo Zaniolo, Domenico Berardi, hingga Raspadori, semuanya merasakan debut tim nasional di bawah kepemimpinan Mancini.

Mancini menaruh harapan tinggi kala menyertakan nama Raspadori dalam skuad Italia untuk Euro 2020 yang akan mulai digelar 11 Juni mendatang.

Sang penyerang belia Sassuolo tersebut diharapkan Mancini bisa jadi senjata rahasia dan mendatangkan efek kejut seperti Paolo Rossi di Piala Dunia 1982.

Pada Euro 2020 nanti, Italia tergabung bersama Turki, Wales, dan Swiss di Grup A.

“Raspadori berbeda dengan Immobile atau (Andrea) Belotti. Dia bisa menjadi masa depan dari tim nasional.”

“Dia punya kualitas luar biasa dan itu adalah satu-satunya alasan pemanggilan dirinya.”

“Saya harap dia bisa bergabung dan melakukan sesuatu seperti Paolo Rossi,” kata Mancini kepada La Gazzetta dello Sport beberapa waktu lalu.

Paolo Rossi merupakan protagonis Italia saat menjuarai Piala Dunia 1982.

Kemunculan Paolo Rossi sebagai andalan terbilang mengejutkan mengingat ia nyaris melewatkan Piala Dunia 1982 akibat terlibat dalam skandal judi totonero.

Siapa sangka Rossi kemudian mengantar Italia juara Piala Dunia 1982 dan mengakhiri turnamen dengan status sebagai pemain tersubur via torehan enam gol.

Selama berkiprah di turnamen besar, Gli Azzurri memang kerap tertolong oleh kemunculan pahlawan kejutan.

Selain Rossi, contoh terbaik adalah Fabio Grosso di Piala Dunia 2006.

Awalnya cuma difungsikan sebagai pelapis Gianluca Zambrotta, Grosso lantas menjadi andalan di sisi kiri pertahanan dan tampil sebagai algojo penentu kemenangan adu penalti Italia di final Piala Dunia 2006 versus Perancis.


#Debutan #ke35 #Italia #Mancini #Bisa #Jadi #Senjata #Rahasia #Euro #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts