Servis Forehand dalam Bulu Tangkis

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Permainan bulu tangkis memiliki peraturan mendasar cara untuk memulai permainan yakni pukulan awal atau servis.

Read More

Teknik mengawali permainan dengan servis dilakukan oleh seorang pemain dalam area lapangan permainannya menuju pihak lawan.

Ketika melakukan pukulan servis, seorang pemain harus berada dalam batas garis menuju pemain lawan yang berdiri berseberangan secara menyilang sebagai penerima.

Laju shuttlecock (kok) dari pukulan servis menentukan kesempatan bagi seorang pemain untuk mengawali serangan dalam permainan bulu tangkis.

Salah satu jenis teknik servis dalam bulu tangkis adalah forehand service, yang tergolong sebagai keterampilan mendasar bagi seorang pemain.

Meskipun terbilang mendasar, seorang pemain bisa memanfaatkan servis forehand untuk membangun serangan ketika memulai permainan.

Untuk melakukan servis yang baik dalam permainan bulutuangkis sangat diperlukan untuk memperhatikan posisi tubuh, tangan, dan kaki.

Posisi tangan yang benar saat memgang raket untuk servis pendek forehand pada permainan bulutangkis adalah memegang raket seperti jabat tangan.

Jari tengah, manis, dan kelingking menggenggam raket sementara jari telunjuk agak renggang, kemudian letakkan ibu jari berada di antaranya.

Dalam melakukan servis forehand dalam permainan bulu tangkis, gunakan kekuatan tangan saat mengayunkan raket ke arah depan badan.

Selain itu, usahakan menjaga posisi tangan agar tidak terkena ujung raket, yang sedang memiliki momentum mengayun ke bagian depan tubuh saat melakukan servis.

Menurut buku Mengenal Olahraga Bulu Tangkis (2020) oleh Tri Hadi Karyono, servis forehand bisa dilakukan secara panjang atau pendek.

Pebulu tangkis pemula disarankan lebih dulu mempelajari bentuk servis panjang (long service) dengan memakai teknik forehand saat memulai permainan.

Teknik forehand service sering digunakan pemain dalam pertandingan bulutangkis untuk menghasilkan laju bola melambung tinggi serta diharapkan jatuh di bagian garis belakang wilayah permainan lawan.

Hasilnya, pemain lawan akan membutuhkan waktu untuk mengembalikan bola sehingga terdapat cukup waktu untuk menyusun strategi atau langkah selanjutnya.

#Servis #Forehand #dalam #Bulu #Tangkis #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts