Lama Pertandingan Pencak Silat

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pencak silat memiliki peraturan tersendiri soal lamanya sebuah pertandingan.

Read More

Dalam cabang olahraga pencak silat, terdapat banyak peraturan-peraturan yang berlaku sesuai standar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Amjad E dan Silvia Mega N dalam buku berjudul Teori dan Praktek Pencak Silat (2016) menjelaskan berapa lama pertandingan pencak silat.

Pertandingan menggunakan tahapan babak pertandingan dimulai dari penyisihan, perempat final, semifinal dan final tergantung pada jumlah peserta pertandingan, berlaku untuk semua kelas.

Dalam praktiknya lama waktu pertandingan pencak silat sesuai dengan peraturan ipsi adalah tiga babak.

Lama waktu pertandingan satu babak dalam pencak silat yaitu berdurasi dua menit, dengan jeda rehat antar babak selama satu menit.

Wasit pertandingan bisa menghentikan pertandingan saat sedang berlangsung tanpa memotong waktu pertandingan tersebut.

Durasi pertandingan juga terhenti apabila seorang pesilat mendapat serangan tidak sah dari lawan ketika bertanding.

Adapun pada pertandingan pencak silat seorang pesilat dinyatakan menang mutlak apabila lawan jatuh karena serangan sah dan tidak dapat bangkit segera atau nanar.

Berikut peraturan terkait waktu pertandingan pencak silat:

Pertandingan dilangsungkan dalam tiga babak, tiap babak berdurasi dua menit, dengan jeda rehat antar babak selama satu menit.

  • Untuk usia dini dan pra remaja

Pertandingan dilangsungkan dalam dua babak, tiap babak berdurasi satu setengah menit, dengan jeda rehat antar babak selama satu menit.

Adapun, ketika wasit menghentikan pertandingan tidak termasuk waktu bertanding. Penghitungan terhadap pesilat yang jatuh karena serangan yang sah, juga tidak termasuk waktu bertanding.

#Lama #Pertandingan #Pencak #Silat #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts