Usai Bawa Timnas U23 Indonesia Menang, Prestasi Shin Tae-yong Disorot AFC

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Konfederasi Sepak Bola Asia ( AFC) melalui akun Twitter resmi Piala Asia (@afcasiancup) menyoroti prestasi pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Read More

Shin Tae-yong baru saja membawa timnas U23 Indonesia meraih kemenangan pada pertandingan uji coba menghadapi PS Tira Persikabo, Jumat (5/3/2021) malam WIB.

Pada laga yang dilangsungkan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, tersebut, timnas U23 Indonesia besutan Shin Tae-yong berhasil mengalahkan Tira Persikabo dengan skor 2-0.

Dua gol kemenangan Garuda Muda masing-masing dicetak oleh Kadek Agung (45’+1) dan Muhammad Rafli (49′).

Sehari setelah pertandingan timnas U23 Indonesia vs Tira Persikabo atau tepatnya Sabtu (6/3/2021), akun resmi Piala Asia menyoroti prestasi Shin Tae-yong di kompetisi antarklub Asia.

“Tahukah kamu? Pelatih Indonesia saat ini Shin Tae-yong telah memenangi turnamen klub top Asia sebagai pelatih dan manajer. Kejuaraan Antarklub Asia 1995 dan Liga Champions Asia 2010,” tulis akun resmi @afcasiancup.

Diketahui, Shin Tae-yong pernah menjuarai kompetisi antarklub level teratas Asia bersama Seongnam Ilhwa Chunma FC (kini bernama Seongnam FC) baik sebagai pemain maupun pelatih.

Pada 1995 saat masih aktif bermain, Shin Tae-yong sukses mengantarkan Seongnam Ilhwa Chunma meraih gelar juara Kejuaraan Antarklub Asia.

Pada pertandingan final yang digelar di Stadion King Fahd, Riyadh, Seongnam berhasil mengalahkan wakil Arab Saudi, Al-Nasr, dengan skor 1-0.

Kemudian pada 2010 saat formatnya sudah berubah menjadi Liga Champions Asia atau AFC Champions League, Shin Tae-yong kembali membawa Seongnam menjadi juara.

Kali ini, Shin menempati kursi pelatih Seongnam. Pada partai puncak yang digelar di Stadion Nasional Tokyo, mereka berhasil menundukkan klub asal Iran, Zob Ahan, dengan skor 3-1.

Adapun, Shin Tae-yong menangani Seongnam dari 2009 hingga 2012.

Pada periode 2014-2017, Shin dipercaya menjadi asisten pelatih timnas Korea Selatan serta membesut skuad U23 dan U20 negara tersebut.

Setelah itu, Shin Tae-yong didapuk menjadi pelatih timnas senior Korea Selatan termasuk ketika tampil pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Pada Piala Dunia 2018, Korea Selatan asuhan Shin Tae-yong berhasil mengalahkan Jerman pada pertandingan terakhir fase grup meski akhirnya tetap tidak lolos ke babak 16 besar.

Selepas melatih Korea Selatan, Shin direkrut PSSI pada Desember 2019 untuk melatih timnas Indonesia.

Pria yang kini berusia 50 tahun itu diberi kewenangan untuk menangani tiga level timnas Indonesia yaitu senior, U23, dan U19.

Adapun, timnas U23 Indonesia saat ini sedang menjalani persiapan untuk tampil pada SEA Games 2021.

Usai melakoni uji tanding kontra Tira Persikabo, timnas U23 Indonesia besutan Shin Tae-yong selanjutnya akan beruji coba dengan klub Liga 1 lainnya yaitu Bali United.

Laga timnas U23 Indonesia vs Bali United dijadwalkan bakal digelar pada Minggu (7/3/2021).


#Usai #Bawa #Timnas #U23 #Indonesia #Menang #Prestasi #Shin #Taeyong #Disorot #AFC #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts