Soal Teknologi Komunikasi Radio di MotoGP, Marquez Tak Sejalan dengan Rossi

  • Whatsapp

KOMPAS.com –  Marc Marquez tak sejalan dengan Valentino Rossi perihal wacana penggunaan teknologi komunikasi radio di MotoGP.

Read More

MotoGP melakukan inovasi. Mereka melakukan uji coba penggunaan teknologi komunikasi radio untuk pebalap, seperti yang digunakan pada ajang F1.

Teknologi itu bertujuan untuk memudahkan pebalap menerima informasi mengenai situasi terkni di sirkuit.

Alat komunikasi radio itu berupa earphone yang terpasang di telingga para pebalap dan dinilai lebih efektif daripada isyarat bendera.

Wacana ini disambut baik oleh sebagian besar pebalap, salah satunya adalah Valentino Rossi.

Pebalap Monster Energy Yamaha itu menilai bahwa penggunaan teknologi komunikasi radio tidak akan mereduksi peran pebalap, apalagi sampai mengurangi level kompetisi.

Bagi The Doctor, alat komunikasi radio juga tidak akan mengubah DNA MotoGP, yang terkenal memiliki persaingan ketat.

“Saya tidak berpikir MotoGP lebih menarik karena tidak ada komunikasi radio,” ucap Rossi, seperti dilansir dari The Race.

“Bagi saya, MotoGP adalah level tertinggi dari balap motor, dan komunikasi dengan boks akan meningkatkan level kejuaraan kami,” imbuhnya.

“Kami bisa mendapatkan waktu tambahan selama latihan bebas. Ketika melaju dengan pelan, Anda bisa berbicara dengan boks, agak mirip seperti balap mobil,” ucap pebalap 41 tahun itu.

Di sisi lain, sang juara bertahan Marc Marquez tidak yakin bahwa MotoGP membutuhkan teknologi komunikasi radio untuk saat ini.

Marquez sudah cukup puas dengan panel di dasbor motor yang bisa menampilkan pesan singkat dari kru kepada pebalap.

Marquez menilai komunikasi radio justru berpotensi mengganggu konsentrasi pebalap. Meski begitu, Marquez tidak menampik bahwa sikapnya bisa berubah.

“Di MotoGP kami memiliki sebuah dasbor, kami bisa menerima pesan dari sana,” kata Marc Marquez dalam wawancara dengan Box Repsol.

“Kami memiliki banyak hal untuk dilakukan sehingga menghindari komunikasi radio namun Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi pada masa depan,” Marquez menambahkan.

“Mungkin itu akan mengejutkan saya dan saya akan menyukainya, tetapi impresi pertama tidak bagus,” ucap The Baby Alien. (Ardhianto Wahyu Indraputra). 

#Soal #Teknologi #Komunikasi #Radio #MotoGP #Marquez #Tak #Sejalan #dengan #Rossi

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts