Komplotan Copet Penumpang Angkot di Flyover Pasar Rebo Kembali Diringkus Polisi

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Jajaran Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Sektor (Polsek) Ciracas meringkus komplotan copet yang kerap beraksi di kawasan flyover Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Read More

Kedua pelaku, yakni Rudi Andika (31) dan Jodi (18), ditangkap petugas secara terpisah setelah aksi mereka mencopet telepon selulur (handphone) milik penumpang angkot pada Kamis (1/12/2022) sore.

Kapolsek Ciracas Komisaris Jupriono mengatakan dalam aksinya pelaku selalu menyasar korban yang baru turun dari angkutan umum.

“Ketika kami tangkap pun mereka sedang mencopet korban yang sedang menunggu angkutan. Modusnya mereka menawarkan angkot,” kata Jupriono dlansir dari TribunJakarta.com, Jumat (2/12/2022).

Menurut Jupriono, mereka berbagi peran saat mencopet. Satu pelaku mengalihkan perhatian dan memepet korban, sementara pelaku lainnya mengambil handphone korban dari saku celana.

Beruntung saat kejadian korban sadar ponselnya dicopet lalu meneriaki pelaku, sehingga mereka panik melarikan diri secara berpencar ke sekitar kawasan flyover Pasar Rebo.

“Saat itu, tidak jauh dari TKP dua anggota Buser di lokasi. Pelaku atas nama Rudi Andika diamankan berikut barang bukti handphone korban. Sementara pelaku lain kabur,” ujarnya.

Namun setelah penyelidikan lebih lanjut, pada Jumat (2/12/2022) dini hari jajaran Unit Reskrim Polsek Ciracas mendapat informasi keberadaan Jodi sehingga dapat segera diamankan.

Jupriono menuturkan Rudi dan Jodi kini sudah ditahan di Mapolsek Ciracas untuk proses penyidikan, mereka disangkakan Pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan pemberatan.

“Ancaman hukuman paling lama sembilan tahun penjara. Dalam komplotan pelaku ini ada tiga orang. Tapi satu pelaku atas nama Raul masih dalam pengejaran. Sudah masuk DPO (daftar pencarian orang),” tuturnya.

Langganan Komplotan Copet

Penangkapan copet yang kerap beraksi di seputar flyover Pasar Rebo bukan pertama kali. Biasanya mereka berkomplot dan menyasar penumpang angkot maupun bus.

Pada Selasa, 12 Desember 2021, petugas Polsek Ciracas menangkap empat anggota komplotan copet yang menyasar sejumlah korban di flyover Pasar Rebo.

Keempat anggota komplotan copet itu yakni Akrom Poniman, Andri Simbolon, Pandu Winata, dan Tri Seprianto. Satu anggota komplotan copet lainnya bernama Ibnu yang kini masih buron.

Korban terakhir komplotan copet tersebut hingga melapor ke Polsek Ciracas yakni seorang emak-emak.

“Kami amankan di lokasi berbeda-beda. Diamankan dengan barang bukti 10 unit handphone hasil copet mereka yang belum sempat dijual,” kata Kompol Jupriono di Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (12/10/2021).

Dari hasil pemeriksaan sementara, keempat pelaku selalu beraksi bersama-sama saat mencopet handphone atau dompet warga yang sedang beraktivitas di sekitar flyover Pasar Rebo.

Selain menyasar pejalan kaki para pelaku mengincar pengguna angkutan umum seperti angkot.

Modusnya, dengan berpura-pura menjadi penumpang angkot lalu mengalihkan perhatian korban.

“Jadi, saat beraksi ini mereka minimal bertiga. Satu mengajak korban berbicara untuk mengalihkan perhatian, satu mengambil, sementara satu lainnya mengawasi keadaan,” ujarnya.

Beberapa hari setelah penangkapan tersebut atau pada 20 Desember 2021, upaya aksi pencopetan kembali terjadi di kolong flyover Pasar Rebo.

Petugas Polsek Ciracas meringkus DP (30) usai kedapatan hendak mencopet handphone seorang penumpang bus di bawah flyover Pasar Rebo pada pukul 09.00 WIB.

“Modusnya ketika korban mau turun dia ada di pintu, dihadang di pintu. Kemudian pelaku ini mengambil handphone dari tas selempang korban,” kata Kanit Reskrim Polsek Ciracas Inspektur Satu (Iptu) Mangiring Silaen di Jakarta Timur, Senin (20/12/2021).

Beruntung aksi DP tersebut disadari korban. Pelaku diteriaki copet sehingga langsung diamankan penumpang lain dan digelandang ke pos polisi di bawah flyover Pasar Rebo.

DP yang diduga sudah kerap mencopet barang bawaan penumpang angkutan umum di flyover Pasar Rebo diamankan dengan barang bukti handphone korban.

“Kami juga menyita barang bukti satu buah handphone yang kerugiannya kurang lebih Rp 2,6 juta. Untuk proses selanjutnya akan kita tindak lanjuti. Tersangkanya ada di Polsek Ciracas,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Komplotan Copet Penumpang Angkot Beraksi di Flyover Pasar Rebo, Teriakan Korban Didengar Buser. (Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Komplotan #Copet #Penumpang #Angkot #Flyover #Pasar #Rebo #Kembali #Diringkus #Polisi #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts