Jokowi Minta Menpora Segera Audit Seluruh Stadion Sepak Bola

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali segera melakukan audit terhadap stadion sepak bola yang ada di Tanah Air

Read More

Menurut Zainudin Amali, audit akan terlebih dulu menyasar stadion-stadion yang saat ini digunakan untuk kompetisi sepak bola.

“Tadi juga arahan Presiden supaya segerakan. Jadi, saya diminta berkoordinasi dengan Menteri PUPR untuk menyegerakan, mengaudit, mana yang duluan,”¬†ujar Zainudin Amali usai rapat dengan Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (7/10/2022).

“Saya sampaikan ke Pak Presiden, kita prioritaskan stadion-stadion yang sekarang ini sedang digunakan untuk kompetisi. Kan arahan beliau (audit stadion) seluruh Indonesia, nah ini kita memprioritaskan dulu yang mana yang akan diaudit,” katanya melanjutkan.

Selain soal audit, menurut Zainudin Amali, presiden juga memintanya berkomunikasi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Presiden meminta agar apa saja yang menjadi kewenangan PSSI dikomunikasikan dengan pemerintah.

“Supaya sekali lagi tidak terkesan bahwa pemerintah ada intervensi,” ujar Zainudin.

Lebih lanjut, Zainudin Amali mengungkapkan, ia telah menyampaikan bahwa semua klub Liga I telah berkomitmen menjaga jangan sampai terjadi lagi tragedi seperti di Kanjuruhan.

“Termasuk suporter, pimpinan suporter dari empat yang biasanya sangat terkenal itu, baik suporter Persija, suporter Arema, suporter Persib, suporter Persebaya,” katanya.

“Kemarin saya undang dan mereka menyatakan kita akan stop untuk bisa seperti kemarin lagi. Dan termasuk narasi-narasi, kan biasanya narasi memprovokasi orang untuk bisa saling menyerang itu, kita akan hentikan itu. Kalau ada yang masih bandel juga akan diatur, tentu itu kewenangan PSSI ya,” ujarnya lagi.

Diketahui, Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan tengah bekerja menginvestigasi tragedi yang menewaskan 131 orang tersebut.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah mengumumkan enam tersangka dari tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Mereka adalah AHL (Dirut LIB), AH (Ketua Panpel), SS (Security Officer), Wahyu SS (Kabag Ops Polres Malang), H (Deputi 3 Danyon Brimob Polda Jatim), dan BSA (Kasat Samapta Polres Malang).


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Jokowi #Minta #Menpora #Segera #Audit #Seluruh #Stadion #Sepak #Bola #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts