Saringan Sampah di CIliwung Bisa Disebut Bisa Hancurkan Sampah Kayu dan Kasur

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Saringan sampah yang tengah dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di Kali Ciliwing segmen TB Simatupang, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan, disebut mampu menghancurkan sampah kayu dan kasur yang sering terlihat.

Read More

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) DKI Jakarta Asep Kuswanto menjelaskan proses penyaringan sampah di lokasi tersebut jika pembangunannya telah rampung. 

Ia mengatakan, penyaringan sampah nantinya dibagi dalam dua tahapan. Begitu pun dengan proses pencacahan sampah.

“Untuk pencacah tahap satu berfungsi mencacah sampah berukuran besar seperti kayu, bambu, kasur, bekas bahan bangunan, pertanian, dan lain-lain menjadi ukuran 5-20 cm,” kata Asep dikutip dari Tribunjakarta, Senin (26/9/2022).

Ia menuturkan, fungsi pencacah tahap dua tak jauh berbeda dengan tahap satu. Hanya saja, sampah akan dihancurkan menjadi ukuran 3-5 cm.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, tercetusnyanya ide membangun saringan sampah itu bermula saat ia mengunjungi Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, setelah dilantik menjadi gubernur.

“Sampah banyak datang justru dari kawasan luar Jakarta, masuk melalui Sungai Ciliwung,” ujar Anies.

“Nah pertanyaan saya kemudian, kenapa tidak disaring sebelum masuk ke dalam kota, sehingga seluruh kawasan aliran sungai, kanan kiri sepanjang Ciliwung di dalam kota Jakarta terbebas dari limpahan sampah ini,” tutur Anies.

Setelah didiskusikan, Pemerintah Provinsi DKI sepakat membangun saringan sampah. Anies menuturkan, anggaran untuk pembangunan saringan sampah itu sebenarnya sudah dianggarkan sejak 2020.

“Di tahun 2020 terjadi pandemi sehingga banyak program-program yang pada waktu itu anggarannya dialihkan untuk penanganan Covid-19, alhamdullilah sekarang kondisinya sudah lebih baik, anggaran itu kini tersedia dan sekarang dilaksanakan,” kata Anies.

“Nah harapannya ini akan bisa mengendalikan sampah untuk tidak masuk ke dalam kota (Jakarta),” ujar Anies.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Pemprov DKI Bangun Saringan Sampah di Kali Ciliwung, Disebut Mampu Hancurkan Kayu hingga Kasur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Saringan #Sampah #CIliwung #Bisa #Disebut #Bisa #Hancurkan #Sampah #Kayu #dan #Kasur #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts