Kenang Sosok Achmad Hermanto Dardak, Menteri PUPR: Beliau Penyumbang Konsep “Smart City” IKN

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, sosok mendiang Achmad Hermanto Dardak sebagai salah satu tokoh yang berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurut Basuki, mendiang Achmad Hermanti Dardak salah satu orang yang menyumbangkan pemikiran konsep forest city dan smart city untuk pembangunan IKN.

“Jadi konsep pembangunan IKN beliau juga memberikan kontribusi untuk konsep forest city, smart city. Itu juga di PU beliau menjadi juga trigger-nya untuk implementasi konsep forest city, dan smart city itu,” kata Basuki selepas melayat ke rumah duka, Kompleks Bina Marga 2, Jalan Swakarsa V nomor 28, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (20/8/2022).

Basuki juga turut mengenang jasa Achmad Hermanto Dardak selama masa hidupnya. Menurut dia, mendiang tak hanya sebagai anggota biasa, tetapi juga pemegang jabatan penting di PUPR.

“Beliau menjadi tidak hanya sebagai anggota biasa di Kementerian PUPR tetapi juga menjabat eselon 1 di beberapa unit organisasi dari Dirjen Bina Marga, Kepala Badan Pengembangan Wilayah, Balitbang juga, kemudian terakhir sebagai wakil menteri PUPR,” kata Basuki.

“Beliau sangat berkontribusi pada pengembangan organisasi Kementerian PUPR sampai akhir hayat beliau sebagai ketua pengarah satgas pengembangan IKN PUPR,” ujar dia.

Achmad Hermanto Dardak meninggal dalam kecelakaan di ruas Tol Pemalang-Batang KM 341+400 arah Jakarta, Sabtu, sekitar pukul 03.25 WIB.

Kecelakaan terjadi saat mobil yang ditumpangi Hermanto Dardak menempuh perjalanan masuk dari Gerbang Tol Kalikangkung.

Diduga, sopir mobil Innova yang ditumpanginya mengantuk sehingga menabrak bagian belakang truk di depannya.

Menurut Emil, ayahnya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, pada Minggu (21/8/2022) pagi.

Achmad Hermanto Dardak pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2010-2014.

Ia juga menerima tanda kehormatan Bintang Mahaputera Utama dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 13 Oktober 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Kenang #Sosok #Achmad #Hermanto #Dardak #Menteri #PUPR #Beliau #Penyumbang #Konsep #Smart #City #IKN #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts