Wapres Ma’ruf Amin: Kalau Dulu Jihad Melawan Musuh, Kita Sekarang Jihad Ekonomi

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.comĀ – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan, beragam krisis yang terjadi dalam beberapa waktu terkahir membuat semua pihak mesti melakukan jihad ekonomi.

Read More

Ia mengatakan, berbeda dengan pejuang kemerdekaan yang melawan para penjajah, rakyat Indonesia kini menghadapi krisis energi, pangan, dan keuangan yang justru menjadi tantangan ke depan.

“Kita melakukan jihad ekonomi ke depan, jadi kalau dulu jihad menghadapi musuh, kita sekarang menghadapi jihad ekonomi yaitu pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” kata Ma’ruf usai menghadiri Peringatan Hari Konstitusi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Ma’ruf mengatakan, semua pihak harus sepakat untuk mengesampingkan kepentingan individu dan kelompok demi kepentingan negara.

“Kita ingin pulih setelah kita menghadapi pandemi, karena itu maka kita harapkan melalui semangat ’45 dan semangat keikhlasan para pejuang dulu untuk menjiwai kita semua,” kata dia.

Saat berpidato di acara Peringatan Hari Konstitusi, Ma’ruf pun menekankan bahwa Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 sebagai konstitusi merupakan landasan kokoh bagi upaya pemulihan dan kebangkitan negara.

Menurut dia, Pasal 33 UUD 1945 merupakan pandu ekonomi bagi Indonesia yang mengedepankan semangat kegiatan ekonomi kolektif melampaui perekonomian yang diinisiasi individu.

Ma’ruf berpendapat, jika ketentuan tersebut dijalankan dengan lurus, pembangunan ekonomi tidak akan memunculkan paradoks antara pertumbuhan dan pemerataan.

“Pertumbuhan ekonomi yang dicapai tidak akan diiringi oleh ketimpangan. Jalan lurus berdasarkan ruh konstitusi ini merupakan jihad ekonomi bangsa,” ujar Ma’ruf.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Wapres #Maruf #Amin #Kalau #Dulu #Jihad #Melawan #Musuh #Kita #Sekarang #Jihad #Ekonomi #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts