Jokowi: Kita Bersyukur Indonesia adalah Bangsa yang Kokoh

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo menyatakan, semua pihak mesti bersyukur karena Indonesia tetap kokoh di tengah berbagai krisis yang terjadi di dunia saat ini.

Read More

Jokowi mengatakan, Indonesia merupakan negara yang tetap bersatu serta mampu mengendalikan pandemi Covid-19 dan menjaga stabilitas ekonomi.

“Kita bersyukur bangsa indonesia adalah bangsa yang kokoh, kita mempunyai Pancasila yang mempersatukan Indonesia, kita mampu mengendalikan pandemi dan menjaga stabilitas ekonomi,” kata Jokowi saat melantik perwira TNI/Polri di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Jokowi berpesan kepada perwira TNI dan Polri yang baru dilantik untuk menjadi yang terdepan dalam menghadapi tantangan zaman, menghadpai dunia yang penuh ketidakpastian serta krisis yang datang bertubi-tubi.

Jokowi mengingatkan, sudah dua tahun lamanya Indonesia dan dunia dilanda pandemi Covid-19 yang belum selesai hingga kini.

Selain itu, dunia juga mengalami krisis pangan, energi, dan finansial yang mengakibatkan ratusan juta penduduk dunia kelaparan dan jatuh ke jurang kemiskinan ekstrem.

“Sebagian belahan dunia juga dilanda perpecahan bahkan peperangan, sebagian belahan dunia dihantui instabilitas politik serta dibayang-bayangi radikalisme dan terorisme,” kata Jokowi.

Namun, Jokowi menegaskan, masyarakat Indonesia patut bersyukur karena Indonesia mampu menghindari itu semua.

“Bahkan tahun ini kita memimpin G20, kumpulan 20 negara ekonomi terbesar dunia. Kita akan manfaatkan peluang ini untuk membangun ketertiban dunia dan kesejahteraan bersama,” ujar dia.

Ia menyebutkan, upaya itu sudah dimulai dengan lawatannya ke Ukraina dan Rusia pada Juni 2022 lalu.

“Upaya ini akan terus kita lakukan dengan harapan akan membuahkan hasil di KTT G20 November yang akan datang di Bali,” kata Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Jokowi #Kita #Bersyukur #Indonesia #adalah #Bangsa #yang #Kokoh #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts