BPBD DKI: Waspadai Banjir Rob hingga 17 Juli di Pesisir Jakarta Utara

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta masyarakat mewaspadai potensi banjir rob yang diperkirakan terjadi 8-17 Juli 2022 di beberapa wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu karena bumi memasuki fase bulan purnama.

Read More

“Saat ini bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum,” tulis BPBD melalui akun Instagram¬†@bpbddkijakarta, Minggu (11/7/2022).

BPBD menjelaskan, potensi banjir pesisir atau rob itu diperkirakan terjadi pukul 18.00-24.00 WIB.

Adapun wilayah yang berpotensi terjadi rob di antaranya Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Marunda yang semuanya berada di Jakarta Utara dan juga Kepulauan Seribu.

“WASPADA terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir,” tulis BPBD.

Masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut bisa terus memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#BPBD #DKI #Waspadai #Banjir #Rob #hingga #Juli #Pesisir #Jakarta #Utara #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts