Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Rumah Dinas Mulai Didatangi Kerabat

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) pukul 11.00 WIB.

Read More

Tjahjo Kumolo menghembuskan nafas terkahir setelah menjalani perawatan beberapa hari ini di rumah sakit.

Rencananya Tjahjo akan disemayamkan di rumah dinas di Jalan Widya Chandra IV Nomor 22, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, di lokasi, sejumlah kerabat dan beberapa tokoh mulai berdatangan di rumah dinas Menteri PANRB.

Sampai saat ini jenazah Tjahjo Kumolo belum ditiba di rumah dinas tersebut. Sejumlah awak media yang ada masih menunggu kedatangan janazah.

Informasi soal wafatnya mantan Sekretaris Jenderal PDI-P itu sebelumnya dibenarkan oleh politisi PDI-P, Junimart Girsang.

“Ya dapat info dari Ka-BKN tadi berpulang jam 11.10,” tulis Junimart dalam pesan siangkat kepada Kompas.com.

Sebelum kabar duka datang, Tjahjo memang sempat dirawat di rumah sakit pada 20 Juni 2022. Tidak diketahui pasti penyakit yang diderita Tjahjo.

Sejak dirawat, Tjahjo sudah mulai tidak aktif sebagai menteri dan dalam kepartaian. Dia tak hadir saat pelaksanaan Rakernas II PDI-P yang dibuka pada 21 Juni lalu.

Profil Tjahjo Kumolo

Dikutip dari situs pribadinya, Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957.

Ia adalah seorang politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019 pada Kabinet Indonesia Maju.

Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

Ia juga merupakan salah seorang politikus Indonesia, dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I.

Selain itu, Tjahjo Kumolo sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015 yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P.

Tjahjo Kumolo sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tjahjo #Kumolo #Meninggal #Dunia #Rumah #Dinas #Mulai #Didatangi #Kerabat #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts