Saat Megawati dan Jokowi Menjawab Kabar Renggangnya Hubungan Mereka…

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak saling bertemu di beberapa kali kesempatan.

Read More

Hal ini pun memunculkan asumsi publik bahwa keduanya sedang tidak baik-baik saja.

Apalagi, belum lama ini Jokowi menghadiri acara relawannya, Pro Jokowi (Projo) yang dikaitkan kode dukungan Jokowi untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Padahal, di sisi lain, partai penaung Jokowi dan Ganjar yaitu PDI-P belum memutuskan soal pilpres.

Namun, besar pula dugaan PDI-P condong mendukung Ketua DPP PDI-P Puan Maharani untuk dimajukan sebagai capres.

Kondisi ini kemudian memunculkan dugaan adanya perbedaan sikap antara Jokowi dan Megawati.

Lantas, seolah mematahkan anggapan tersebut, Jokowi dan Megawati muncul bersamaan dalam acara peresmian Masjid At Taufiq di Lenteng Agung, Rabu (8/6/2022).

Jokowi meresmikan langsung bangunan masjid yang dibangun untuk mengenang almarhum Taufiq Kiemas, suami Megawati itu.

Setelah Jokowi memukul bedug sebagai tanda peresmian, ia bersalaman dengan Megawati.

Hubungan anak dan ibu

Kepada media, Jokowi menjawab soal kabar hubungannya dengan Megawati yang renggang. Jokowi mengatakan, hubungan mereka baik-baik saja.

Ia juga mengaku sangat menghormati Megawati dan menganggapnya seperti ibu sendiri.

“Ibu Mega itu seperti ibu saya sendiri. Saya sangat, sangat, sangat menghormati beliau dan hubungan anak dengan ibu ini hubungan batin,” ujar Jokowi.

“Saya sangat hormat kepada beliau yang selalu penuh dengan rasa kepercayaan yang tidak pernah berubah. Kemudian dalam perjalanan panjang, kadang-kadang ada perbedaan anak dan ibu ya itu wajar-wajar saja, biasa saja,” kata dia.

Mantan Wali Kota Solo itu juga mengatakan bahwa dia sudah jauh-jauh hari berjanji menghadiri peresmian Masjid At Taufiq.

Megawati yang turut mendampingi Jokowi dan istrinya, Iriana Joko Widodo itu mengaku senang karena Jokowi hadir dalam peresmian masjid tersebut.

Presiden ke-5 RI itu kemudian kembali meladeni pertanyaan awak media yang masih berkutat pada isu kerenggangan hubungan dengan Jokowi.

Megawati menganggap, antara dirinya dan Jokowi sudah seperti keluarga sejak lama. Menurut dia, isu keretakan hubungan itu hanya dibangun media.

“Saya merasa media sekarang tidak mempergunakan hal seperti itu. Ini koreksi, kalau mau ditulis silakan. Ini ada Pak Jokowi, ada Ibu juga, kami dari dulu kekeluargaan. Jadi, kalau mau istilahnya digoreng-goreng, itu kan begitulah,” kata Mega.

Sebelum bertemu dalam acara peresmian masjid, Jokowi dan Megawati bertemu di Istana Negara pada Selasa (7/6/2022), tepatnya saat pelantikan pengurus Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Dalam keterangan foto dari Biro Pers Sekretariat Presiden, dijelaskan bahwa Jokowi bertemu Megawati sebelum melantik Dewan Pengarah, Kepala, dan Wakil Kepala BPIP periode 2022-2027 Selasa siang.

Pertemuan itu terjadi di ruang tunggu Istana. Keduanya tampak berbincang serius.

Jokowi tampak memberikan penjelasan kepada Megawati yang juga Ketua Dewan Pengarah BPIP itu.

 

Selain itu, Jokowi tampak memperhatikan Megawati saat seniornya di PDI-P itu memberikan penjelasan.

Penegasan PDI-P

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto mengajak semua pihak melihat pertemuan dua hari berturut-turut antara Megawati dan Jokowi.

Mewakili PDI-P, Hasto menyatakan, pertemuan dua hari itu menandakan bahwa keakraban antara Megawati dan Jokowi tetap terjalin.

“Ya sinyalnya baik-baik saja. Tadi kita lihat, kemarin juga pertemuannya berlangsung baik,” kata Hasto di lokasi yang sama.

Ia mengatakan, Megawati dan Jokowi bahkan secara periodik mengadakan pertemuan.

Hasto juga meminjam pernyataan Jokowi yang menyebut bahwa hubungan dengan Megawati adalah hubungan batin.

“Dan presiden sendiri mengatakan hubunganya dengan Ibu Mega kan hubungan batin,” kata dia.

Hubungan Megawati dan Jokowi, kata Hasto, layaknya hubungan ibu dan anaknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Saat #Megawati #dan #Jokowi #Menjawab #Kabar #Renggangnya #Hubungan #Mereka #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts