Jasa Marga: 372.459 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek pada H+1 dan H+2 Lebaran

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Jasa Marga mencatat ada 372.459 kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabodetabek pada H+1 dan H+2 Lebaran atau sejak Selasa (3/5/2022) hingga Rabu (4/5/2022).

Read More

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, angka tersebut meningkat 40,7 persen dari lalu lintas normal.

“Sebanyak 372.459 kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek pada H+1 dan H+2 Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022,” kata Heru, dalam keterangan tertulis yang diterima¬†Kompas.com, Rabu.

Heru mengatakan, angka tersebut merupakan angka kumulatif dari arus lalu lintas kendaraan di empat gerbang tol (GT) utama.

Keempat GT utama tersebut adalah GT Cikupa arah Merak, GT Ciawi arah Puncak, GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama arah Trans Jawa dan Bandung.

Ia juga mengatakan bahwa distribusi mayoritas kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek menuju ke arah Timur yakni Trans-Jawa dan Bandung.

“Sebanyak 216.562 kendaraan menuju Timur Trans Jawa dan Bandung, kemudian 84.214 kendaraan menuju arah Selatan yakni Puncak, dan 71.683 kendaraan menuju ke arah Barat yakni Merak,” ungkap Heru.

Terhitung dari H-10 hingga H+2, secara kumulatif PT Jasa Marga bahkan mencatat sebanyak 2,1 juta kendaraan telah meninggalkan wilayah Jabodetabek. Angka tersebut meningkat sebanyak 22 persen dari lalin normal.

“Distribusi terbesar masih menuju ke arah timur, yaitu sebesar 54,5%, dengan lebih dari setengahnya menuju ke arah Trans Jawa via GT Cikampek Utama, menuju ke Jawa Tengah maupun Jawa Timur,” kata Heru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Jasa #Marga #Kendaraan #Tinggalkan #Jabodetabek #pada #dan #Lebaran #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts