Puncak Pergerakan Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Sudah Terlewati

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Puncak pergerakan penumpang atau arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2022 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, sudah terlewati.

Read More

Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi mengatakan, puncak pergerakan penumpang terjadi pada H-3 Lebaran atau Jumat (29/4/2022).

“Puncak pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta terjadi kemarin, Jumat atau tiga hari menjelang Lebaran,” kata Holik, saat dikonfirmasi, Sabtu (30/4/2022).

Holik mengatakan, saat itu, jumlah penumpang yang berangkat maupun tiba di Bandara Soekarno Hatta mencapai 141.347 orang.

“Saat itu, jumlah keseluruhan penumpang di tiga terminal bandara yaitu sebanyak 141.347 penumpang,” ungkap Holik.

Pada hari itu, Holik mengatakan sempat terjadi penumpukan penumpang. Namun, antrean penumpang dapat terurai dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Sempat terjadi antrean saat di Security Check Point 1. Memang ada sedikit penumpukan tapi mengalir saja, lancar,” ujar Holik.

Sebelumnya, President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis (28/4/2022) mencapai sekitar 91 persen dari frekuensi penerbangan pada 2019, pra-pandemi Covid-19.

“Selama 2 tahun terdampak pandemi, pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta setiap harinya tidak lebih dari 1.000 penerbangan per hari,” kata Awaluddin dalam keterangannya, Sabtu.

“Tapi, pada Kamis, 28 April 2022, pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta untuk pertama kalinya menembus 1.054 penerbangan, yang menggambarkan 91 persen dari kondisi saat belum ada pandemi Covid-19 pada 2019,” lanjut dia.

Kelancaran angkutan Lebaran 2022 di Bandara Soekarno-Hatta menurutnya merupakan dampak dari pengaktifan kembali terminal 1. Sebelumnya, terminal 1 terpaksa dinonaktifkan karena pandemi.

Selain itu, Skytrain juga telah dioperasikan untuk mendukung mobilitas pemudik di dalam area Bandara Soekarno-Hatta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Puncak #Pergerakan #Penumpang #Bandara #SoekarnoHatta #Sudah #Terlewati #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts