10 Tempat Makan Legendaris di Jakarta Pusat

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Jakarta punya banyak tempat makan yang berdiri sejak puluhan tahun lalu.

Beberapa restoran atau tempat makan di Jakarta kerap dikunjungi karena legendaris. Soal cita rasanya, sudah tidak perlu diragukan lagi.

Salah satu wilayah yang punya banyak tempat makan legendaris adalah Jakarta Pusat. Berikut ini rekomendasi 10 tempat makan yang legendaris di Jakarta Pusat.

Ragusa 

Tempat makan berikut ini sudah terkenal bahkan menjadi daya tarik wisatawan ketika berkunjung ke Jakarta Pusat. Letaknya di Jalan Veteran I Nomor 10, Gambir, Jakarta Pusat.

Es Ragusa yang sudah berdiri dari tahun 1932 ini terkenal dengan menu es krim spagetinya. Es krim berbentuk spageti dengan aneka toping di atasnya dan siraman lelehan coklat menjadi penggugah selera di sana.

Ada pula es krim nougat, tutti fruti, dan banana split.

Varian rasanya juga banyak mulai dari moka, vanila, cokelat, sampai stroberi. Harganya kisaran Rp 15.000 – Rp 90.000. 

Nasi Goreng Kebon Sirih

Meski sudah banyak penjual nasi goreng namun tempat makan yang satu ini tetap menjadi primadona. Nasi Goreng Kebon Sirih sudah berdiri dari tahun 1958.

Lokasinya ada di Jalan Kebon Sirih Nomor 3, Menteng. Nasi Goreng Kebon Sirih memiliki rasa rempah yang kuat. 

Selain itu isian daging kambing juga menambah kelezatan Nasi Goreng Kebon Sirih ini. Harganya kisaran Rp 30.000.

Gado Gado Bon Bin

Bagi yang sudah lama tinggal di daerah Cikini pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat makan ini. Gado Gado Bon Bin sendiri sudah berdiri sejak 1960.

Tempatnya tidak begitu luas. Lahan parkirnya juga terbatas. Di saat akhir pekan tempat makan ini selalu ramai pengunjung. Lokasinya ada di Jalan Cikini IV Nomor 1, Cikini, Menteng.

Harga seporsi gado-gado yakni Rp 35.000. Selain gado-gado juga tersedia aneka masakan lain seperti lontong cap gomeh dan mie ayam.

Bakmi Gang Kelinci 

Bakmi Gang Kelinci diketahui sudah berdiri sejak 1957. Lokasinya ada di Jalan Kelinci Raya Nomor 1-3, Pasar Baru. 

Bakmi Gang Kelinci menawarkan chinese food dengan bakmi ayam jamur sebagai primadonanya. Harganya kisaran Rp 28.000 per porsinya. 

Tidak hanya bakmi, tempat makan ini juga menawarkan menu lain seperti gohyong udang, bakso kuah, pangsit goreng, mie goreng, dan fuyunghai.

Mie Ayam Gondangdia

Bagi yang melintasi wilayah Gondangdia, Anda wajib mampir ke tempat makan ini. Lokasinya ada di Jalan RP. Soeroso Nomor 36, Cikini, Menteng.

Mie Ayam Gondangdia berdiri sejak tahun 1968. Mie mereka juga hasil buatan sendiri. Tidak heran bila kualitas rasanya masih terjaga sampai sekarang.

Harga mie ayam di sana kisaran Rp 27.000 per porsi. Tidak hanya mie ayam, tempat makan ini jga menawarkan menu lain seperti kwetiaw, nasi sapi lada hitam, fuyunghai dan lainnya.

Pempek Megaria

Masih di wilayah Cikini, tempat makan ini juga wajib dikunjungi. Pempek Megaria dikenal sebagai tempat makan yang legendaris dikarenakan sudah berdiri sejak 1989.

Lokasinya masih satu wilayah dengan Metropole XXI di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 21, Cikini. Rasa pempeknya memang terasa lezat ditambah kuah cuko-nya yang pekat dan enak. 

Harganya kisaran Rp 24.000 ke atas untuk seporsi kapal selam.

Restoran Trio Gondangdia

traveloka.com Restoran Trio

Restoran Trio Gondangdia sudah berdiri sejak tahun 1947. Konsepnya sederhana layaknya rumah makan biasa. Namun cita rasa masakannya bisa diadu kelezatannya.

Desain interior restoran juga masih jadul. Lokasinya ada di Jalan RP. Soeroso Nomor 29A, Gondangdia.

Tersedia ratusan menu makanan chinese di sana seperti ayam nan king, sup burung walet, dan gohiong dan lain lain. Harganya kisaran Rp 100.000 per orang.

Gandy Steak House Menteng

Gandy Steak House Menteng menyajikan aneka steak dengan cita rasa legit. Restoran ini terkenal legendaris karena sudah berdiri sejak 1973. Suasana di restoran sangat vintage.

Lokasinya ada di Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 90, Menteng. Tersedia aneka steak dan juga pasta seperti beef bacon spaghetti carbonara dan lainnya. Harganya kisaran Rp 300.000 untuk dua orang.

RM Pondok Djaja, Gambir

RM Pondok Djaja, Gambirzomato RM Pondok Djaja, Gambir

RM Pondok Djaja, Gambir merupakan salah satu rumah makan padang tertua di Jakarta. Mereka ada sejak tahun 1969. Lokasinya ada di Jalan Hasim Ashari Nomor 13, Gambir.

Ada banyak aneka lauk khas minang di sana seperti rendang, cincang, gulai dan lain lain. Harganya kisaran Rp 25.000 ke atas atau tergantung lauk yang Anda pilih.

Soto Betawi H. Ma’ruf

Soto Betawi ini sudah ada sejak tahun 1940. Lokasinya ada di Jalan Pramuka Nomor 64, Cikini. Buka setiap hari dari jam 10.00 – 22.00 WIB.

Soto Betawi H. Ma’ruf terkenal dengan lezatnya soto betawi racikan empunya.  Kuahnya berwarna lebih gelap dan isinya ada tulang muda dan tulang rawan.

Harga mulai dari Rp38.000,00 per porsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#Tempat #Makan #Legendaris #Jakarta #Pusat #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts