Terus Cari Harun Masiku, KPK: Kalau Ketemu Langsung Kami Tahan

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com РKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak akan menghentikan pencarian tersangka yang kini menjadi buronan Harun Masiku.

Read More

Harun merupakan politisi PDI Perjuangan yang tersangkut kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024.

Dalam kasus yang ditangani KPK, Harun diduga menyuap Komisioner KPU Wahyu Setiawan agar KPU menetapkannya sebagai anggota DPR.

“Kita enggak akan menghentikan penyidikan karena kan yang bersangkutan sudah juga kita tetapkan sebagai tersangka,” ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (26/4/2022).

KPK, kata Alex, telah memiliki bukti yang cukup bagaimana keterlibatan Harun saat melakukan penyidikan terhadap Wahyu Setiawan.

Komisi Antirasuah itu bakal langsung menahan jika tersangka yang hingga kini masih berada dalam daftar pencarian orang (DPO) itu ditemukan.

“Hanya karena status yang bersangkutan DPO sehingga kita ada kalau dari sisi keterangan saksi-saksi, saya pikir sudah cukup pada saat kita KPK melakukan penyidikan terhadap Komisioner KPU (Wahyu Setiawan),” jelas Alex.

“Tinggal cepat atau lambat kalau yang bersangkutan ketemu langsung kita tahan, kan seperti itu,” ucapnya.

Sebelumnya, Dewan Pengawas (Dewas) KPK memastikan, pencarian Harun Masiku masih terus dilakukan.

Ketua Dewas KPK Tumpak Panggabean menyatakan, pencarian politisi PDI Perjuangan tersebut bahkan dilakukan melalui penggeledahan di sejumlah lokasi.

“KPK telah melakukan penggeledahan di beberapa titik-titik dalam rangka mencari Harun Masiku itu,” ujar Tumpak, dalam konferensi pers, Selasa, (18/1/2022).

Tumpak mengatakan, lembaga antirasuah itu masih melaporkan perkembangan pencarian Harun Masiku ke Dewan Pengawas.

Dewas pun membantah pernyataan pihak-pihak yang menuding KPK tidak serius melalukan pencarian Harun.

Menurut Tumpak, lembaga antikorupsi itu masih terus berupaya mencari Harun untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Kami melihat bahwa KPK ya serius untuk melakukan pencarian itu,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Terus #Cari #Harun #Masiku #KPK #Kalau #Ketemu #Langsung #Kami #Tahan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts