Tanggal 29 Maret Hari Memperingati Apa?

  • Whatsapp

 

KOMPAS.com – Tanggal 29 Maret 2022 jatuh pada hari Selasa. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Piano Sedunia.

Selain Hari Piano Sedunia, terdapat pula peringatan-peringatan penting lain hari ini. Berikut beberapa peringatan atau perayaan yang jatuh pada tanggal 29 Maret 2022.

Hari Piano Sedunia

Hari Piano Sedunia dirayakan secara global pada hari ke-88 dari 365 hari dalam setahun. Angka tersebut diambil dari jumlah tuts pada piano.

Pada tahun 2022 ini, Hari Piano Sedunia jatuh pada tanggal 29 Maret.

Adanya hari ini diprakasai oleh pianis dan komposer Jerman, Nils Frahm, pada tahun 2015.

Tujuannya adalah untuk merayakan kegembiraan saat bermain piano sekaligus menjadi ajang untuk mempromosikan perkembangan musik.

Pada Hari Piano Sedunia akan digelar berbagai acara yang berkaitan dengan alat musik ini, seperti pertunjukan, kelas master, kuliah, dan lain-lain.

Hari Martir di Madagaskar

Hari Martir atau dikenal juga dengan Hari Pemberontakan diperingati di Republik Madagaskar pada tanggal 29 Maret setiap tahun.

Pemerintah menetapkan Hari Martir pada tahun 1967, tujuh tahun setelah kemerdekaan mereka dari Perancis.

Tujuan dari peringatan ini adalah untuk mengingat dan menghormati pengorbanan semua orang yang tewas dalam pemberontakan besar melawan Perancis tahun 1947.

Kini, Hari Martir telah berkembang menjadi perayaan kebebasan di negara pulau yang terletak di Samudra Hindia bagian pesisir timur Afrika tersebut.

Orang-orang akan berkumpul dan menghabiskan waktu mereka bersama.

Hari Veteran Perang Vietnam

Hari Veteran Perang Vietnam merupakan peringatan tahunan di Amerika Serikat yang diperingati sejak 2017.

Hari ini dibuat untuk memperingati dan menghormati para tentara Amerika yang berperang dalam Perang Vietnam, perang brutal yang dimulai dari tahun 1955 hingga 1975.

Seward’s Day

Seward’s Day merupakan hari libur resmi di Alaska yang dirayakan setiap tahun. Pada tahun 2022 ini, Seward’s Day jatuh pada tanggal 29 Maret.

Hari ini dibuat untuk memperingati hari penandatanganan perjanjian Alaska Purchase atau Pembelian Alaska oleh Rusia dan Amerika Serikat.

Rusia yang terguncang akibat kekalahan dalam perang Krimea memilih untuk menjual Alaska demi mengumpulkan uang.

Alaska menjadi pilihan karena dinilai sangat sulit untuk dipertahankan jika terjadi perang di kemudian hari. Ini dikarenakan pasukan Inggris yang berbasis di tetangga Alaska, yaitu Kanada.

Seward’s Day diambil dari nama Menteri Luar Negeri Amerika, William H. Seward, yang bernegosiasi dengan Menteri Rusia, Eduard de Stoeckl terkait pembelian tersebut.

Alaska resmi dijual kepada Amerika dengan disetujuinya perjanjian Pembelian Alaska pada tanggal 30 Maret 1867. Saat itu, mereka membeli Alaska dengan harga 7,2 juta Dollar Amerika, atau sekitar dua sen per hektar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tanggal #Maret #Hari #Memperingati #Apa #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts