Fungsi Wawasan Nusantara

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Setiap bangsa memiliki wawasan nasional yang merupakan visi bangsa yang berkaitan dengan tujuan nasional menuju masa depan. Wawasan nasional bangsa Indonesia dikenal dengan wawasan nusantara.

Secara etimologi, wawasan nusantara berasal dari bahasa Jawa ‘wawas‘ yang berarti pandangan. Sedangkan ‘nusa’ memiliki arti kesatuan kepulauan dan ‘antara’ yang memiliki makna diapit dua samudra dan dua benua.

Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa mengenai diri dan lingkungan yang serba beragam.

Di dalam wawasan nusantara tertuang nilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat untuk mencapai tujuan nasional.

Pada hakikatnya, wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara demi kepentingan nasional itu sendiri. Dalam penyelenggaraannya, terdapat fungsi umum dan khusus.

Fungsi Umum Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan, dan rambu-rambu dalam menentukan segala kebijakan dan tindakan penyelenggara negara, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Terutama menjadi pedoman untuk seluruh rakyat Indonesia dalam bertindak di kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Fungsi Khusus Wawasan Nusantara

Terdapat sejumlah kategori khusus dalam melihat fungsi wawasan nusantara, yaitu:

Sebagai Konsep Ketahanan Nasional

Fungsi wawasan nusantara sebagai konsep ketahanan nasional adalah wawasan nusantara dijadikan konsep dasar dalam pembangunan nasional, pertahanan keamanan, dan kewilayahan.

Sehingga, segala kebijaksanaan dan keputusan penyelenggara negara yang berkaitan dengan pembangunan nasional dan pertahanan keamanan harus berdasarkan wawasan nusantara.

Sebagai Wawasan Pembangunan

Fungsi wawasan nusantara sebagai wawasan pembangunan adalah regulasi yang mencakup kesatuan politik, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial, serta kesatuan pertahanan dan keamanan.

Sebagai Wawasan Pertahanan dan Keamanan

Fungsi wawasan nusantara sebagai wawasan pertahanan dan keamanan adalah pandangan geopolitik Indonesia dalam lingkup tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan.

Satu kesatuan yang dimaksud meliputi seluruh wilayah, termasuk di dalamnya segenap kekuatan negara. Tentara Nasional Indonesia atau TNI sebagai komponen utama dalam bela negara, anggota kepolisian Republik Indonesia atau POLRI sebagai komponen pendukung, dan warga negara sebagai komponen cadangan.

Sebagai Wawasan Kewilayahan

Pembatasan negara merupakan fungsi wawasan nusantara sebagai wawasan kewilayahan.

Wawasan nusantara berfungsi dalam pembatasan negara agar tidak terjadi sengketa dengan negara lain, khususnya negara tetangga.

Pemahaman mengenai batas wilayah menjadi sangat penting karena Indonesia merupakan negara kepulauan.

 

Referensi

  • Alfandi, Widoyo. 2002. Reformasi Indonesia: Bahasan dari Sudut Pandang Geografi Politik dan Geopolitik. Yogyakarta: Gadjah Mada University
  • Herdiawanto, Heri, Fokky Fuad Wasitaatmadja, dan Jumanta Hamdayama. 2019. Kewarganegaraan dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Media Group

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Fungsi #Wawasan #Nusantara #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts