Perbedaan Pelayanan Publik dan Privat

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Fungsi pelayanan merupakan salah satu fungsi penting pemerintah sebagai pelaksana pemerintahan dalam sebuah negara. Konsep pelayanan yang baik akan membawa negara kepada kesejahteraan sosial masyarakatnya.

Pelayanan yang hadir di sebuah negara terbagi menjadi pelayanan publik dan pelayanan privat.

Konsep Dasar Pelayanan Publik dan Pelayanan Privat

Pelayanan publik adalah berbagai aktivitas yang bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa. Pelayanan publik berorientasi pada kepentingan publik. Sistemnya dibangun atas dasar aturan, hukum, dan kesepakatan.

Pelayan publik melayani kepentingan umum di bidang produksi atau distribusi yang bergerak di bidang jasa-jasa vital, seperti transportasi, telepon, air bersih, penerangan, dan lain-lain.

Sedangkan pelayanan privat adalah pelayanan yang diberikan oleh pihak swasta yang berorientasi pada pelanggan. Tujuannya adalah mencari keuntungan atau profit. Sektor privat atau swasta lebih mendasarkan diri pada pilihan individu.

Karakteristik pelayanan privat adalah penyelenggaraannya dipengaruhi oleh hukum permintaan dan penawaran. Contoh dari pelayanan privat adalah asuransi, layanan perbankan, dan layanan kesehatan di rumah sakit milik swasta.

Perbedaan Pokok Pelayanan Publik dan Privat

Dilihat dari penyedia layanan publik, yang dapat dilakukan oleh pemerintah maupun sektor privat, pelayanan publik dan pelayanan privat memiliki sejumlah perbedaan yang mendasar.

Berikut perbedaan pelayanan publik dan pelayanan privat:

Poin PembedaPelayanan PublikPelayanan Privat
Sifat barang dan jasaBarang publik atau barang yang ketika digunakan tidak mengurangi ketersediannya bagi orang lain.Barang privat atau yang diperoleh melalui mekanisme pasar (bertemunya penjual dan pembeli).
Resiko kegagalan penyelenggaraan Resiko kolektif, banyak orang, atau bersama.Kerugian perseorangan.
Akses warga terhadap pelayananTanggung jawab negara.Tanggung jawab warga.
Keterkaitan dengan pencapaian tujuan dan misi negaraTinggi dan langsung.Rendah dan tidak langsung.
Dasar penyelenggaraanKonstitusi, kebijakan publik, dan peraturan perundangan.Kesepakatan pengguna dan penyelenggara kebijakan.
Lembaga penyelenggaraInstansi pemerintah dan nonpemerintahKorporasi, lembaga, nirlaba, BUMN, BUMD.
Sumber pembiayaanAnggaran, subsidi pemerintah, pengguna gratis atau user free.Hasil penjualan dan pengguna gratis atau user free.

 

Referensi

  • Dwiyanto, Agus. 2018. Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif dan Kolaborasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
  • Rachman, Marjoni. 2021. Manajemen Pelayanan Publik. Klaten: Tahta Media Group

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Perbedaan #Pelayanan #Publik #dan #Privat #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts