Saat Toko Tanaman Hias di Depok Dibobol Maling, Kerugian Capai hingga Rp 300 Juta

  • Whatsapp

DEPOK, KOMPAS.com – Tanaman hias berjenis Monstera Mint senilai Rp 50 puluh juta digondol oleh kawanan pencuri di toko tanaman hias Green House di Jalan Haji Mustafa IV, Kukusan, Depok.

Toko tersebut diduga dimasuki kawanan pencuri pada Kamis (17/2/2022) dini hari.

Pemilik toko, Vani Rastya Andita (25), mengaku sejumlah tanaman lainnya yang memiliki harga jual tinggi ikut dicuri. Di antaranya tanaman berjenis Monstera Varigeta, Monstera Morata, Florida Beauty, Violin Variegata, Monstera Soni Variegata, dan Anthurium Pterodactyl Variegata.

Harga satu daun dari tanaman-tanamn tersebut berkisar di antara Rp 2 juta hingga puluhan juta rupiah.

“Satu pot ada yang diambil lima daun, jadi pelaku bener-bener ngambil daun yang tinggi-tinggi dan gede gitu. Kurang lebih rata-rata dua juta perdaun hingga 50 juta-an,” ungkap Vani saat ditemui dilokasi, Jumat (18/2/2022).

“Monstera mint perdaunnya paling murah sekitar Rp 40 hingga Rp 50 juta, itu yang diambil juga,” lanjutnya.

Setidaknya 34 pot tanaman dibawa kabur kawanan pencuri tersebut. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

“Diakumulasi dari 34 tanaman yang hilang kurang lebih (kerugiannya) Rp 300 juta rupiah,” ujarnya.

Vani telah membuat laporan ke Polsek Beji untuk menindaklanjuti pencurian di toko tanaman hiasnya.

“Saya sudah membuat laporan kepolisian. Katanya ditunggu dulu kabarnya sampai keluar hasil dari sidik jarinya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Vani juga mengaku telah berkoordinasi dengan komunitas tanaman hias. Ia meminta anggota komunitas tersebut untuk melapor jika melihat tanaman hias miliknya dijual orang lain.

“Dan saya dibantu juga temen-temen komunitas tanaman hias, untuk ngecek barang dan siapa tau ada nawarin dengan harga miring tanaman tersebut,” ujarnya.

Kronologi pencurian

Menurut Vani, diduga tiga orang pencuri melakukan aksinya sekitar pukul 01.11 WIB, Kamis.

“Itu dia (pelaku) loncat dari bagian bolong (sela-sela) green house bagian atas. Sepertinya dia (pelaku) tiga orang dan satu orang di luar pegang celurit buat jaga-jaga kalo misalnya ada yang datang,” ujar Vani.

Pada malam sebelum kejadian, Vani mengaku sempat mendengar suara mencurigakan dari kendaraan bermotor di dekat toko tanaman hiasnya.

“Sebelumnya itu dari jam 10 malam itu sudah ada motor yang lewat belakang, sementara kan dibelakang itu jalan buntu, cuman kuburan doang. Tapi ada orang masuk terus keluar lagi kayak nyari celah,” ujar Vani.

“Nah terus sekitar, sebelum kejadian, 00.33 WIB itu, di depan rumah saya itu ada yang berhenti motor cukup lama. Nah mungkin dia ngecek ‘ini yg punya rumah udah tidur apa belum, atau gimana’,” imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Saat #Toko #Tanaman #Hias #Depok #Dibobol #Maling #Kerugian #Capai #hingga #Juta #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts