Perayaan Imlek di Kelenteng Sin Tek Bio Tanpa Keramaian, Pengurus: Kita Ikuti Pemerintah Disiplin Prokes

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Umat Konghucu akan merayakan tahun baru China atau Imlek pada Selasa 1 Februari 2022. 

Read More

Pengurus Kelenteng Sin Tek Bio Santoso Wiyoto mengatakan, perayaan Imlek di kelenteng yang juga dikenal dengan Vihara Dharma Jaya ini akan tetap dilaksanakan dengan sederhana.

“Hanya sebagian saja yang ikut di sini dan tidak dirayakan ramai-ramai juga. Kita ikut anjuran pemerintah buat tetap disiplin prokes,” kata Santoso saat ditemui di lokasi, Minggu (30/1/2022).

Hal senada juga dikatakan oleh salah satu pengurus yang tidak mau disebutkan namanya. Dia mengatakan selama pandemi tidak ada perayaan yang berlebihan di Kelenteng Sin Tek Bio.

“Karena pandemi tidak ada persiapan apa-apa besok juga,” sahutnya.

Kelenteng Sin Tek Bio sendiri merupakan Kelenteng bersejarah yang berdiri sejak tahun 1698 di kawasan Pasar Baru Jakarta.

Santoso menjelaskan Kelenteng Sin Tek Bio awalnya dibangun oleh para petani etnis Tionghoa yang saat itu bermukim di bantaran kali Ciliwung.

“Saat itu yang boleh tinggal di dalam kota hanya orang Tionghoa yang mampu, kalau yang tidak mampu dia tinggal di luar tembok sama warga pribumi,” tuturnya.

Hingga saat ini Kelenteng Sin Tek Bio masih dapat digunakan umat Konghucu untuk beribadah.

Hanya saja, lokasi bangunan saat ini sudah tidak nampak pada bagian depan Pasar Baru.

Bagi warga yang pertama kali ingin beribadah atau mengunjungi Kelenteng Sin Tek Bio, harus menelusuri jalan kecil, karena Kelenteng ini sendiri berada dibelakang pertokoan yang terdapat di Pasar Baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Perayaan #Imlek #Kelenteng #Sin #Tek #Bio #Tanpa #Keramaian #Pengurus #Kita #Ikuti #Pemerintah #Disiplin #Prokes #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts