Trotoar di Cilandak yang Sempat Dibongkar Sudah Diperbaiki

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Trotoar di Jalan RS Fatmawati, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, yang sempat dibongkar tanpa izin kini telah dirapikan.

Read More

Bibir trotoar yang sebelumnya rusak telah dirapikan dengan coran semen. Namun, hasilnya berbeda dengan bibir beton trotoar di sisi lainnya yang merupakan hasil revitalisasi.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Rabu (26/1/2022), sisa pembongkaran trotoar masih terlihat.

Beberapa bollard atau tiang di trotoar yang sebelumnya dicopot saat pembongkaran kini sudah kembali dipasang.

“Sudah terpasang kembali bollard atau tiang hitam oleh Kastpel Bina Marga,” kata Plt Camat Cilandak, Djaharuddin saat dikonfirmasi, Rabu.

Namun, ada satu tiang bollardĀ yang berada di tengah trotoar hilang, hanya ada sisa pemasangan bollard yang masih membekas.

Sebelumnya, Plt Sekretaris Kota Jakarta Selatan, Mukhlisin, membeberkan kronologi upaya pembongkaran trotoar yang terjadi pada Jumat (14/1/2022) malam.

Menurut Mukhlisin, pembongkaran trotoar itu untuk melebarkan akses masuk ke ruko yang digunakan sebagai klinik.

“Pihak klinik melalui pekerjanya melakukan kegiatan pembongkaran bollard. Saat baru mulai kegiatan mereka diketahui oleh RT setempat dan dilaporkan,” ujar Mukhlisin.

Saat itu, kata Mukhlisin, Satgas dari Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan mendatangi lokasi pembongkaran trotoar.

“Pekerja pembongkar trotoar dan staf Sudin Bina Marga Jakarta Selatan dan masyarakat dikumpulkan di kantor RW,” kata Mukhlisin.

Saat itu, seorang berinisial T yang disebut sebagai pegawai negeri sipil (PNS) turut hadir di kantor RW.

T bermaksud menjelaskan kepada pemilik klinik untuk mengurus perizinan soal pembongkaran trotoar untuk kepentingan pribadi.

“Dia menjelaskan ke pemilik klinik diarahkan untul mengurus perizinan ke PTSP terkait pelebaran inrit. Menurut keterangan pihak klinik sudah mengajukan permohonan izin inrit,” kata Mukhlisin.

Namun, pembongkaran trotoar telah dihentikan.

Sementara, dugaan keterlibatan T diketahui setelah Satpol PP bersama dengan FKDM Kelurahan Cipete Selatan meminta keterangan para pekerja yang hendak membongkar trotoar.

Adapun Satpol PP dan FKDM Cipete Selatan yang menggagalkan pembongkaran trotoar oleh lima pekerja.

Saat dikonfirmasi, Kasudin Bina Marga Jakarta Selatan Heru Suwondo mengeklaim tidak ada jajarannya yang terlibat dalamĀ pembongkaran trotoar tersebut.

“Tidak ada PNS di Sudin Bina Marga Jakarta Selatan yang terlibat pembongkaran trotoar,” kata Heru, Rabu (19/2/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Trotoar #Cilandak #yang #Sempat #Dibongkar #Sudah #Diperbaiki #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts