Pemprov DKI Sebut Subsidi Minyak Goreng dari Pemerintah Pusat Bisa Tekan Harga hingga Idul Fitri

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, subsidi minyak goreng dari pemerintah pusat bisa membantu menekan harga komoditas tersebut di pasaran.

Read More

Harga bisa ditekan setidaknya hingga Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada awal Mei 2022.

Wanita yang akrab disapa Eli ini menyebut, ketersediaan minyak goreng saat ini apabila ditambah dengan minyak subsidi dari pemerintah pusat akan dapat menjamin turunnya harga di pasaran hingga mencapai titik stabil.

“(Subsidi minyak goreng dari pemerintah pusat) harusnya membuat masyarakat kita lebih nyaman, minimal hingga menghadapi lebaran,” kata Eli saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (6/1/2022).

Sebagai informasi, pemerintah pusat berencana menggelontorkan dua juta kiloliter minyak goreng kemasan sederhana bersubsidi.

Pengadaan minyak goreng tersebut dilakukan dengan menggunakan anggaran sebesar Rp 3,5 triliun yang berasal dari dana pungutan ekspor CPO. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Perkiraan dana pungutan ekspor minyak kelapa sawit mentah (CPO) yang dikelola BPDPKS yang dibutuhkan untuk subsidi itu sebesar Rp 3-3,5 triliun,” kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi sebelumnya.

Dana pungutan tersebut dikelola oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Dilansir Kompas.id, minyak goreng subsidi diperkirakan akan disalurkan dalam waktu enam bulan hingga satu tahun.

 

Masyarakat mengeluhkan kenaikan harga minyak goreng dalam beberapa waktu belakangan.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan sebenarnya sudah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp 11.000 per liter.

Namun, fakta di lapangan, harga minyak goreng sudah jauh melebihi HET. Di beberapa pasar, harga minyak goreng berada di atas Rp 18.000 per liter.

Harga minyak goreng meroket imbas dari tingginya harga minyak sawit atau crude palm oil (CPO) secara global. Kenaikan harga ini dipicu dari turunnya produksi di dua negara penghasil CPO terbesar dunia, yakni Indonesia dan Malaysia.

Untuk menjaga stabilisasi harga minyak goreng ke depannya, pemerintah berencana memberikan subsidi minyak goreng.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Pemprov #DKI #Sebut #Subsidi #Minyak #Goreng #dari #Pemerintah #Pusat #Bisa #Tekan #Harga #hingga #Idul #Fitri #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts