Jokowi Sebut Indonesia Punya Peran Besar dalam Pemulihan Ekonomi Dunia Saat jadi Presidensi G20

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo menyebut, posisi Indonesia sebagai Presidensi G20 memberikan kesempatan besar bagi Indonesia untuk mendorong pemulihan perekonomian global.

Read More

Pasalnya, negara-negara yang tergabung ke dalam kelompok ini, mewakili 60 persen penduduk dunia, serta 80 persen perekonomian dunia dan 75 persen total perdagangan secara kolektif.

“Presidensi Indonesia di G20 adalah sebuah kehormatan sekaligus kesempatan bagi Indonesia untuk berperan lebih besar dan menentukan bagi pemulihan perekonomian dunia, tata kelola dunia yang lebih sehat, adil, dan berkelanjutan,” kata Jokowi dikutip dari Instagram resminya @jokowi, Jumat (31/12/2021).

Indonesia sendiri diketahui akan memimpin presidensi G20 selama setahun ke depan, terhitung sejak 1 Desember 2020. 

Di sisi lain, Presiden menyebut, situasi pandemi yang terjadi sepanjang tahun ini telah membuat pemerintah berkutat pada dua pekerjaan besar, yaitu memutus mata rantai penyebaran virus corona dan menjaga perekonomian Indonesia tetap tumbuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Situasi pandemi, sebut Jokowi, memang kian melandai. Seiring dengan tingkat keterisian rumah sakit yang pada saat ini tenaga kesehatan lebih leluasa dalam mengurusi pasien dengan penyakit non-Covid-19.

Menurut Jokowi, kondisi ini tidak terlepas dari kerja semua pihak dalam mematuhi protokol kesehatan dan kegiatan vaksinasi yang digencarkan. 

“Dari target 208 juta sasaran vaksinasi, sampai 30 Desember kemarin, kita telah menyuntikkan sekitar 273 juta dosis vaksin, 160 juta dosis vaksin pertama dan lebih 113 juta dosis vaksin lengkap,” tulis Jokowi. 

Pada saat yang sama, Kepala Negara menambahkan, Indonesia memang sempat mengalami resesi, pertumbuhan ekonomi minus, serta pelambatan di banyak sektor ekonomi. Kondisi itu ditambah dengan adanya ketidakpastian di semua bidang.

Akan tetapi, dengan semangat dan kerja keras, Jokowi menyebut, Bangsa Indonesia mampu bertahan.

“Perekonomian Indonesia pada triwulan III-2021, tumbuh 3,51 persen (yoy). Di sisi lain, pandemi mendorong dunia baru: peradaban digital. E-commerce, misalnya, mencapai nilai 24,8 miliar dollar AS tahun ini,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Jokowi #Sebut #Indonesia #Punya #Peran #Besar #dalam #Pemulihan #Ekonomi #Dunia #Saat #jadi #Presidensi #G20 #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts