Wagub Sebut DKI Prioritaskan Nihil Korban Jiwa Saat Banjir di Puncak Musim Hujan

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya tidak ada satu pun korban jiwa muncul jika bencana banjir terjadi pada perkiraan puncak musim hujan yakni di Januari-Februari 2022.

Read More

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan Desember 2021 hingga Februari 2022 menjadi periode aktif fenomena cuaca La Nina sehingga hujan akan turun lebih intens.

“Prioritas kami dan kita dalam penanggulangan bencana banjir ada dua hal, yaitu memastikan tidak ada korban jiwa dengan mitigasi yang baik melalui siaga tanggap,” kata Riza dikutip dari Antara, Rabu (29/12/2021).

Riza mengatakan dengan mitigasi yang baik, pemulihan kondisi dapat terjadi lebih cepat sehingga seluruh warga yang terkena dampak banjir dapat menjalani kehidupan normal kembali.

Kemudian, Pemprov DKI Jakarta juga memprioritaskan pendistribusian sarana pendukung menghadapi musim hujan pada lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Adapun kesiapan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dilakukan dengan berkoordinasi bersama seluruh petugas yang tersebar di tingkat kelurahan hingga RT dan RW.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mitigasi dan peringatan dini, serta pemetaan personel, juga telah dilakukan dalam menghadapi musim hujan.

Sebanyak 170 personel BPBD DKI ditugaskan untuk penanggulangan bencana yang akan ditempatkan di lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Sejumlah sarana pendukung yang disiapkan untuk menghadapi musim hujan, yakni 230 unit perahu karet, pelampung sebanyak 460 buah, tenda pengungsi 70 unit, velbed 720 buah, dan bilik isolasi 700 buah.

“BPBD bekerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah lainnya, serta sarana dan prasarana disiapkan mulai dari perahu, mobil motor, tenda, konsumsi, logistik, obat-obatan, hingga popok bayi semua disiapkan,” kata Riza.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Wagub #Sebut #DKI #Prioritaskan #Nihil #Korban #Jiwa #Saat #Banjir #Puncak #Musim #Hujan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts