Ucapan Syukur Jemaat Katedral Jakarta Ikuti Misa Malam Natal 2021 Terbatas…

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Misa malam Natal pertama di Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (24/12/2021), berjalan lancar.

Read More

Para jemaat pun bersyukur bisa mengikuti ibadah tatap muka secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat.

Salah satu jemaat bernama Taufan (24) mengaku bersyukur bisa mengikuti ibadah tatap muka di Gereja Katedral pada malam Natal tahun ini.

Hal itu karena dia dan keluarganya tidak dapat mengikuti ibadah tatap muka pada 2020 karena pembatasan jumlah jemaat di Gereja Katedral.

“Senang akhirnya bisa ibadah juga. Tahun kemarin enggak dapat. Kuotanya lebih terbatas, waktu itu kan (kasus) Covid-19 masih tinggi,” ujar Taufan saat ditemui.

Taufan mengaku, ibadah tatap muka pada malam Natal 2021 ini berjalan dengan lancar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Protokol kesehatan mulai dari penggunaan masker hingga jaga jarak fisik diterapkan dengan baik di kawasan gereja.

“Dari masuk juga sudah diukur suhu, scan┬áPeduliLindungi. Di dalam juga bangkunya kan diatur, dikasih tanda. Jadi enggak bisa sembarang duduk,” kata Taufan.

Sementara itu, Yuliana (32), salah seorang jemaat Gereja Katedral, mengatakan, suasana peribadatan pada Natal 2021 terasa lebih meriah dari tahun sebelumnya.

Hal itu karena jumlah jemaat yang mengikuti ibadah setiap sesinya lebih banyak dibandingkan Natal 2020.

“Tahun lalu terbatas banget. Sekarang kayaknya lebih banyak. Bahkan jadi ketemu sama teman yang tahun lalu enggak bisa ibadah,” kata Yuliana.

Dia pun mengaku bersyukur masih bisa menjalankan ibadah tatap muka, meski masih terdapat sejumlah pembatasan kegiatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Ya bersyukur banget. Walaupun memang masih terbatas kan, tetap enggak bisa santai sambil kumpul-kumpul di gereja selesai ibadah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Gereja Katedral akan menggelar ibadah Natal selama dua hari, yakni malam ini dan saat Hari Natal Sabtu (25/12/2021). Ibadah digelar secara daring dan tatap muka.

Dalam pelaksanaan ibadah tatap muka, Gereja Katedral memberlakukan sejumlah aturan dalam rangka penegakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Pada malam Natal, misa pertama pada pukul 16.00 WIB digelar secara online. Kemudian, misa pada pukul 17.30 WIB dan 20.00 WIB dilakukan secara hybrid.

Selanjutnya, pada hari Natal tanggal 25 Desember, misa akan dimulai pukul 09.00 WIB secara hybrid yang dipimpin langsung oleh Uskup Ignasius Kardinal Suharyo dari Keuskupan Agung Jakarta.

Misa tersebut juga akan disiarkan secara langsung di TVRI. Kemudian, pada pukul 11.00 WIB, misa online digelar dan disiarkan langsung juga oleh Kompas TV.

Misa Natal terakhir digelar pukul 17.00 secara hybrid.

Gereja Katedral hanya menyediakan kuota untuk 650 jemaat saat pelaksanaan ibadah Natal di gereja tersebut.

Jumlah tersebut sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Keuskupan Agung Jakarta, yakni kapasitas 40 persen untuk pelaksanaan ibadah tatap muka.

Bagi jemaat yang akan menjalankan ibadah tatap muka, ada tiga lokasi parkir yang disediakan, yakni di sebelah Kantor Pos yang berada di belakang gereja, di depan Gereja Katedral, dan di basement Masjid Istiqlal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Ucapan #Syukur #Jemaat #Katedral #Jakarta #Ikuti #Misa #Malam #Natal #Terbatas #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts