Sidak Supermarket di Citos, Pemkot Jaksel Temukan Makanan Berjamur

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Jakarta Selatan melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memeriksa bahan makanan di salah satu supermarket di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Rabu (22/12/2021).

Pemeriksaan dilakukan oleh Sudin Ketahanan Pangan dan Kelautan Perikanan (KPKP) Jakarta Selatan dengan menggandeng BPOM Jakarta dilakukan menjelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat aman untuk disantap.

“Ini merupakan kegiatan rutin setiap perayaan hari besar, Natal maupun lebaran. Kita mau menjamin apa yang dikonsumsi dan dimakan oleh masyarakat kita benar-benar makanannya yang aman,” kata Munjirin dalam keterangan yang diterima, Kamis (23/12/2021).

Munjirin menambahkan, sejumlah sampel makanan, termasuk dalam jenis sayuran diperiksa untuk mengetahui ada atau tidaknya kandungan zat berbahaya.

“Kita tes semua baik sayuran, makanan baik itu dari UMKM, pertanian dari peternakan,” kata Munjirin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Kasudin KPKP Jakarta Selatan Hasudungan Sidabalok mengatakan, ada 63 sampel produk yang diperiksa ke laboratorium mobile yang disediakan BPOM Jakarta.

“Untuk parameter uji produk peternakan dan perikanan itu uji kebusukan, uji formalin, dan secara pancaindera juga kita cek. Untuk perikanan kita melihat apakah adanya rhodamine, formalin,” kata Hasudungan.

Pemeriksaan juga dilakukan untuk jenis daging ayam, makanan olahan, ikan asin, ikan segar, cumi, sayuran, kerupuk, dan cabai.

Dalam pemeriksaan sampel itu, ditemukan salah satu produk yang tidak layak dikonsumsi karena kondisi berjamur.

“Kita temukan ada ikan asin sepat yang sudah berjamur dan sudah kita tarik,” kata Hasudungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Sidak #Supermarket #Citos #Pemkot #Jaksel #Temukan #Makanan #Berjamur #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts