Sediakan Sirkuit hingga Kompetisi Resmi, Polda Metro Jaya Berharap Balap Liar Hilang

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Polda Metro Jaya berharap rencana pengadaan sirkuit dan kompetisi resmi untuk para pembalap liar bisa menghapus aksi balap liar di jalan raya yang meresahkan masyarakat.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, fasilitas yang akan disediakan tersebut diharapkan dapat menjadi wadah berlatih para pelaku balap liar.

“Tujuan utama atau goal-nya adalah kami upayakan dengan event seperti ini dan siapkan lokasi untuk mereka latihan,” ujar Sambodo kepada wartawan, Rabu (22/12/2021).

Dengan begitu, para pelaku diharapkan tidak lagi menggelar aksi balap liar di jalan raya, hingga menutup arus lalu lintas.

“Ini kemudian diharapkan bisa menghlangkan dan meminilisir aksi balap liar di jalan. Sehingga dngn wadahi mereka di satu tempat,” kata Sambodo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Polda Metro Jaya berencana memfasilitasi para pelaku balap liar yang kerap beraksi di jalan raya dan meresahkan masyarakat. Hal itu dilakukan dengan cara menyediakan lokasi khusus untuk dijadikan arena balap.

Selain Ancol, Sirkuit Balap Liar Bisa di Kemayoran, TMII, dan BSD

Selain itu, Kepolisian juga akan mengadakan kompetisi resmi yang bisa diikuti para pembalap liar.

Dalam pertemuan terbatas Polda Metro Jaya dengan IMI dan manajemen Taman Impian Jaya Ancol, disepakati bahwa kompetisi resmi untuk memfasilitasi pembalap liar di Jakarta akan mulai digelar pada 15 Januari 2022.

“Alhamdulillah pak Kapolda sepakat pada 15 Januari 2022. kita akan mulai untuk kegiatan pertama, roadrace maupun dragrace bagi anak-anak kita,” ujar Ketua IMI Bambang kepada wartawan, Senin (20/12/2021).

Bambang yang juga menjabat sebagai Ketua MPR RI menyebut bahwa kompetisi perdana itu akan digelar di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

“Kami sepakat Ancol menjadi salah satu pilihan, atau akan dijadikan tempat untuk menampung para anak-anak muda kita menyalurkan hobi balapnya,” kata Bambang.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali mengatakan, pihaknya akan bekerja semaksimal mungkin untuk menyiapkan sirkuit demi ajang balapan tersebut.

“Kegiatan ini dimulai 15 Januari 2022, dan ini sudah 20 Desember 2021. Jadi kami harus kerja keras dan kerja cepat agar apa yang diharapkan bisa berjalan, sesuai dengan yang disepakati,” kata Sahir.

Pekan Depan, Polda Metro Jaya Akan Diskusi dengan Kelompok Balap Liar untuk Fasilitasi Balapan Resmi

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran berharap bahwa kegiatan kompetisi resmi dan fasilitas sirkuit balap di Ancol ini bisa mencegah kegiatan balap liar di jalan raya.

“Mudah-mudahan niat baik kita ini, bisa menyelamatkan anak-anak kita. Kemudian bagi mereka yang memiliki potensi untuk menjadi pembalap, bisa tersalurkan,” kata Fadil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Sediakan #Sirkuit #hingga #Kompetisi #Resmi #Polda #Metro #Jaya #Berharap #Balap #Liar #Hilang #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts