Sampah Kiriman Menumpuk di Pintu Air Manggarai

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Sampah kiriman dari hulu Sungai Ciliwung menumpuk di pintu air Manggarai, seiring dengan naiknya debit air sungai pada Rabu (20/10/2021) pagi.

Read More

Kepala Satuan Pelaksana Wilayah Kerja Jakarta Pusat Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air Farry Andiko menjelaskan bahwa sampah kiriman sampai di pintu air Manggarai meningkat hingga mencapai 250 meter kubik.

“Sampah ini terbawa karena sempat di Depok itu pintu air siaga tiga makanya volume sampah yang ada di pintu air Manggarai cukup besar,” kata Farry saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, seperti dikutip Antara.

Farry menjelaskan bahwa pos pemantau pintu air Depok sempat mencapai siaga tiga dengan ketinggian muka air mencapai 203 sentimeter pada Selasa (19/10) malam.

Akibatnya, debit air di pintu air Manggarai juga sempat meningkat hingga 725 sentimeter pada Rabu dini hari, namun masih berstatus siaga empat.

“Saat ini, tinggi muka air di pintu air Manggarai sudah turun pada level 655 sentimeter,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Petugas dari UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta sudah melakukan pengangkatan sampah sejak Rabu pagi, dengan pengerahan tiga alat berat.

Kemudian, lima mobil pengangkut sampah yang terdiri dari empat kendaraan truk besar dan satu tronton dikerahkan.

Saat ini petugas masih menyelesaikan pengangkutan sampah di pintu air Manggarai.

“Sudah hampir kelar ini pengangkutan sampah-sampah,” kata Farry.

Adapun jenis sampah yang terbawa arus sungai bervariasi, seperti sampah rumah tangga, plastik, bambu bahkan kasur dan lemari pakaian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Sampah #Kiriman #Menumpuk #Pintu #Air #Manggarai

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts