Pangdam XIII/Merdeka Sigap Jaga Iklim Investasi di PT IMIP

  • Whatsapp
pangdam kunjungi IMIP
Saat Pangdam XIII/Merdeka berkunjung ke PT IMIP.

Objek vital nasional (obvitnas) menjadi perhatian pemerintah Indonesia kini. Dikatakan Objek Vital Nasional karena objek tersebut menyangkut iklim investasi Tanah Air untuk keberlangsungan hidup orang banyak. Objek Vital Nasional ini harus dilindungi dan yang termasuk Obvitnas salah satunya adalah IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park).

Sebagai objek yang memiliki nilai investasi dan ekonomi untuk masyarakat sekitarnya bahkan hingga untuk negara, kawasan industri harus dilindungi dan dijamin keamanannya. Salah satu bentuk perlindungan bisa datang dari TNI.

Read More

Dukungan dari TNI untuk kawasan industri IMIP terlihat dari kunjungan Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayjen TNI Wanti Waranei Franky Mamahit ke Kawasan Industri IMIP di Morowali, Kamis (16/9/).

Mendampingi Pangdam XIII/Merdeka ada Ketua Persit KCK Daerah Kodam XIII/Merdeka, Yanti W.W.F Mamahit, Danrem 132/Tadulako, Brigjen TNI Farid Makruf dan turut hadir sejumlah perwira menengah Kodam XIII/Merdeka dan Korem 132/Tadulako.

Kunjungan TNI ke daerah-daerah yang di dalamnya terdapat Obvitnas memang kerap dilakukan. Sebelum ini, Pangdam Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII Merdeka, Mayor Jenderal Santos Gunawan Matondang juga pernah berkunjung ke IMIP pada Desember 2020 silam dan menginstruksikan kepada seluruh anggota TNI yang bertugas di Kab. Morowali untuk membantu menjaga keamanan di salah satu urat nadi perekonomian RI yaitu PT IMIP.

Kali ini, kunjungan yang berlangsung selama 2 jam itu membahas isu-isu strategis yang berkaitan dengan pengamanan terhadap Obvitnas. Perlindungan dari TNI terhadap Obvitnas seperti kawasan industri IMIP sangat dibutuhkan. Terutama untuk memastikan keamanan di pintu-pintu masuk kawasan industri. 

Misalnya, kawasan industri di IMIP salah satu pintu masuknya berada di Manado. Dan selama dijaga oleh TNI tidak ada masalah yang ditemukan. Jika masalah keamanan teratasi, iklim investasi yang berada di kawasan industri dapat berjalan dengan baik.  

Direktur Operasional PT IMIP, Irsan Widjaja mengatakan bahwa perlindungan dari instansi pemerintah, tidak hanya TNI namun juga Polri serta masyarakat sekitarnya sangat diharapkan. Terlebih KI PT MIP ini telah memiliki nilai investasi lebih dari US$8 miliar. 

“Tentunya sebagai pengusaha, kita berharap keamanan dan kenyamanan dalam berinvestasi dapat tercipta, dengan pengamanan obvitnas yang dilakukan oleh pihak TNI/Polri. Apalagi sinergitas kami dengan pihak TNI/Polri sudah berlangsung dengan baik. Olehnya itu, kita berharap juga supaya iklim investasi di KI PT IMIP ini dapat dijaga bersama-sama” urai Irsan Widjaja.

Perlu diketahui, selain menjadi Obvitnas, kawasan industri PT IMIP di Morowali juga menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional Indonesia.

Related posts