IMIP Bersih-bersih Sampah di Bahodopi Dalam Rangka World Cleanup Day 2021

  • Whatsapp
IMIP sampah bahodopi/Dok. PT IMIP
IMIP sampah bahodopi/Dok. PT IMIP

Kegiatan World Cleanup Day (WCD) 2021 kembali digelar dan diikuti oleh 180 negara di dunia yang melibatkan 20 juta volunteer. Termasuk PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park), yang kemudian berperan aktif dalam WCD 2021 dengan mengumpulkan sampah dan memberikan edukasi pemilahan sampah di Kecamatan Bahodopi pada Sabtu (18/9/2021).

Aksi WCD tahun ini mengusung tema “Bersatu untuk Indonesia Bersih” dengan mengadakan pilah sampah dari rumah yang relevan dengan kondisi pandemi saat ini. Sampah-sampah yang dibersihkan dipilah berdasarkan jenisnya, yakni organik dan anorganik.

Read More

Pengumpulan sampah yang dilakukan oleh PT IMIP ini turut melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Morowali dan Pemerintah Kecamatan Bahodopi, Pemerhati Lingkungan Bahodopi (PLB), TNI, Polri, relawan/warga, organisasi, komunitas dan lembaga kerukunan keluarga.

WCD yang rutin diadakan setiap tahun pada bulan September di Bahodopi ini lokasinya terbagi di beberapa desa yang diantaranya adalah Desa Bahodopi,  digelar di kecamatan bahodopi. Desa Keurea, Desa Bahomakmur dan Desa Fatufia yang menjadi objek untuk bersih-bersih sampah.

Koordinator Community Relations Departemen Eksternal PT IMIP, Thomas Deni Bintoro mengatakan, perusahaannya tentu selalu mendukung sebuah aksi yang dapat bermanfaat bagi rakyat umum. Melalui aksi bersih-bersih sampah ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran warga Bahodopi, dari yang dewasa hingga anak-anak, agar lebih peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar.

“Aksi hari ini akan menjadi momen yang sangat baik untuk kita semua. Dari gerakan yang dilakukan, menjadi edukasi bagi kita semua untuk kemudian melakukan perbaikan lingkungan kita, menciptakan lingkungan Bahodopi yang lebih baik,”  ujarnya.

Kegiatan ini menjadi sebuah kampanye bersama bahwasanya sampah itu memang harus dikelola. Karena di masa mendatang, sampah dapat menjadi sebuah masalah jika tidak dilakukan pengelolaan yang benar.

Pada waktu yang bersamaan, Tahir selaku Camat Bahodopi juga memberitahu tujuan kegiatan dari WCD 2021 ini.

“Salah satu tujuan kita yakni edukasi, kita ingin menyampaikan betapa sampah itu punya nilai ekonomis. Punya manfaat yang artinya bisa menambah penghasilan masyarakat kita,” jelasnya.

Kegiatan WCD 2021 kali ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah. 

 

Related posts