Panglima TNI Minta Petugas Tracer Langsung Identifikasi Bila Temukan Kontak Erat Pertama Covid-19

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Panglima TNI meminta petugas tracer dari Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga dan Bhabinkamtibmas langsung melakukan identifikasi apabila menemukan kontak erat pertama Covid-19.

Read More

Hal itu disampaikan Hadi saat memimpin rapat terbatas mengenai penanganan Covid-19 bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Mapolda Sulawesi Selatan, Sabtu (7/8/2021).

“Bila ditemukan kontak terdekat pertama segera laporkan hasilnya melalui sistem aplikasi Silacak yang langsung terhubung ke server pusat, sehingga data tracing dapat langsung dipantau,” ujar Hadi, Sabtu.

Selain itu, tracing kontak erat harus dibarengi dengan persiapan tempat isolasi terpusat (isoter) agar penyebaran kasus Covid-19 dapat ditanggulangi dengan lebih baik.

Penyebaran kasus juga dapat diminimalisir. 

“Persiapan isoter harus dimaksimalkan dan tentunya harus dengan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan bagi pasien yang melaksanakan isoter tersebut. Tracing kontak erat harus diawali dengan entry test dan diakhiri dengan exit test tentunya harus dengan hasil negatif,” imbuh dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berbagai fasilitas yang dibutuhkan di lokasi isoter tersebut, mulai dari obat-obatan hingga ketersediaan tabung oksigen, harus dipenuhi, tegas Hadi.

“Saya minta untuk dukungan obat dan logistik bagi masyarakat yang melaksanakan isoman harus terpenuhi. Selain itu agar dilengkapi fasilitas Isoter dan RS dengan tenaga kesehatan, alat kesehatan, O2 juga pengerahan bidan, relawan dan mahasiswa kedokteran”.

 

Hadi juga mengingatkan bahwa petugas tracer tak hanya bertugas mencari kontak erat, melainkan juga memantau masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri.

“Ingat para Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai tenaga tracing tugasnya tidak hanya menemukan kontak erat, tapi juga memantau isolasi mandiri serta kondisi para pasien,” kata Hadi.

Lebih lanjut, mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) menegaskan bahwa kesadaran masyarakat menjadi faktor penting dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar langsung melapor ke Puskesmas terdekat apabila badan mengalami demam.

#Panglima #TNI #Minta #Petugas #Tracer #Langsung #Identifikasi #Bila #Temukan #Kontak #Erat #Pertama #Covid19 #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts