Panglima TNI Pastikan Kesiapan Tenaga “Tracer” Covid-19 di Sleman

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau kesiapan tenaga tracer kontak erat Covid-19 di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (28/7/2021).

Read More

Peninjuan ini juga dihadiri langsung Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Ganip Warsito, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto, dan Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU), Marsda TNI Nanang Santoso.

Peninjauan ini untuk memastikan kesiapan tenaga tracer yang terdiri dari Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga dan Bhabinkamtibmas serta relawan yang akan menggunakan aplikasi “Silacak”.

“Untuk mempermudah monitoring penyebaran dan penanggulangan Covid-19 di Tanah Air,” ujar Hadi dalam keterangan tertulis, Rabu.

Hadi menjelaskan, memutus rantai penyebaran Covid-19 merupakan pekerjaan yang tidak ringan. Sebab, cara tersebut harus dimulai dari mendapatkan notifikasi terkait kasus konfirmasi, penelusuran, hingga proses wawancara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Permasalahan di lapangan tidak mudah untuk mencari orang yang terpapar Covid-19 karena harus mencari satu persatu masyarakat yang disinyalir melakukan kontak dengan orang yang postif Covid-19,” kata Hadi.

Hadi mengatakan, saat ini terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk menelusuri kasus Covid-19, yakni dengan cara digital dan pelacakan langsung di lapangan.

“Bila tracer digital menemui kendala maka dilakukan tracer lapangan untuk mewawancarai langsung masyarakat yang menjalin kontak erat dengan pasien Covid-19,” tutur dia.

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) tersebut menyampaikan terima kasih kepada seluruh tenaga tracer, baik dari TNI dan Polri serta para relawan dari masyarakat.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas keberhasilan yang saudara-saudara sekalian lakukan mulai dari tracing kontak erat yang dipersyaratkan oleh WHO,” imbuh dia.

#Panglima #TNI #Pastikan #Kesiapan #Tenaga #Tracer #Covid19 #Sleman #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts