Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia Buka Layanan Pinjam Tabung Oksigen Gratis

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia membuka layanan peminjaman tabung oksigen gratis bagi pasien Covid-19 yang berada di kawasan Jabodetabek.

Read More

Tim Pelaksana Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia, Arief Bobhil mengatakan, proses pendaftaran bisa dilakukan melalui link yang berada di bio Instagram @sejutates.

“Kalau prosedur bagi perwakilan pasien Covid-19 yang mau mendaftar itu bisa mengakses link di Instagram @sejutates, jalur pendaftaranya di situ. Jadi kalau sudah daftar nanti akan dihubungi oleh tim respons dalam kurung waktu dua jam,” kata Arief saat dihubungi Kompas.com, Senin (12/7/2021).

Setelah itu, lanjut Arief, timnya akan menanyakan terkait kondisi pasien untuk menentukan apakah pasien tersebut sudah membutuhkan tabung oksigen atau belum.

Layanan peminjaman tabung oksigen gratis sudah memasuki hari ke-12.

Arief bercerita, dalam satu hari pihaknya bisa meminjamkan paling banyak 40 set tabung oksigen bersama regulator, nassal dan alat-alat lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Satu hari itu yang pengambilan dan pengantaran yang paling ramai itu bisa sampai 40 lebih. Paling lama peminjaman 5-7 hari maksimal peminjaman,” ucapnya.

Perwakilan pasien Covid-19 nantinya bisa mengambil tabung oksigen secara langsung di posko layanan yang berada di dua lokasi, yakni di Jalan Utan Kayu, Jakarta Timur dan Grand Depok City, Jawa Barat.

“Layanannya ada dua, bisa mengambil langsung, bisa diantarkan. Kami juga menyediakan armada untuk pengantaran,” tambahnya.

Adapun gerakan ini masih akan berjalan hingga 20 Juli 2021, bersamaan dengan berakhirnya masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

“Ke depannya akan melihat perkembangan situasi karena sampai di hari ke-12 ini belum ada perubahan yang signifikan tentang ketersediaan tabung oksigen,” ucap Arief.

Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia terbentuk pertama kali pada Oktober 2020 untuk mengkampanyekan tes swab antigen kepada masyarakat.

Gerakan yang diinisiasi oleh berbagai profesi seperti seniman, aktifis, praktisi dan wartawan ini kemudian merespons situasi kelangkaan oksigen yang terjadi belakangan ini karena meningkatnya kasus Covid-19.

#Gerakan #Solidaritas #Sejuta #Tes #Antigen #untuk #Indonesia #Buka #Layanan #Pinjam #Tabung #Oksigen #Gratis #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts