Ragam Hambatan Proses PPDB Jakarta 2021, dari Situs Error hingga Optimalisasi Sistem

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta tahun ini diwarnai dengan berbagai hambatan.

Read More

Alhasil, proses yang tadinya dilaksanakan secara daring (online) pada tanggal 7-9 Juni 2021 kemudian diperpanjang hingga 11 Juni untuk mengakomodir calon peserta didik baru (CPBD) yang hendak mendaftar sekolah.

Kompas.com merangkum berbagai hambatan yang dihadapi CPDB beserta orangtua murid yang mendampingi dalam proses pendaftaran PPDB DKI Jakarta 2021.

Situs error

Hari pertama dibukanya PPDB diwarnai dengan gangguan atau error pada situs pendaftaran.

Seorang wali murid, Rianti, mengaku sudah sejak pagi berusaha mendaftarkan anaknya ke SD Negeri Cilandak Barat 08, Jakarta Selatan.

Namun, proses tersebut tak kunjung membuahkan hasil bahkan hingga siang menjelang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sudah dari jam 08.00, sampai sekarang (jam 11.30) masih error juga,” ujar warga Pondok Labu, Jakarta Selatan, itu.

Ia menilai, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta seharusnya menyiapkan infrastruktur yang matang sebelum membuka pendaftaran PPDB secara online.

Keluhan serupa juga banyak disampaikan oleh para orangtua murid di dunia maya. Pada berita terkait PPDB DKI Jakarta di Kompas.com, banyak pembaca yang menulis keluhannya.

“Tolong dong dimudahkan anak anak bangsa melanjutkan sekolah, jangan dipersulit dengan gangguan ini itu,” tulis akun Eka Juharningsih.

 

Optimalisasi sistem

Di hari kedua pendaftaran, yakni hari Selasa, proses pendaftaran juga harus terhenti selama beberapa jam karena adanya optimalisasi sistem.

“Sehubungan dengan optimalisasi sistem PPDB online, pengajuan akun akan dihentikan sementara mulai pukul 01.30 WIB s/d 12.00 WIB,” tulis Dinas Pendidikan DKI Jakarta di berbagai akun media sosialnya.

“Setelah proses optimalisasi selesai, dapat dilakukan pengajuan akun kembali,” imbuhnya.

Penjelasan Disdik DKI

Ketua Panitia PPDB Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Slamet, mengatakan bahwa jumlah peserta yang tinggi menyebabkan adanya perlambatan pada situs web PPDB.

Meski begitu, ia membantah bahwa situs web tersebut down atau error.

“Data kami sudah mencatat juga beberapa CPDB sudah akses mendaftar dan memilih sekolah, jadi tidak down ya,” kata Slamet.

Lebih lanjut, ia mengungkap bahwa Disdik DKI sudah menambah bandwith untuk mengatasi perlambatan akses situs PPDB tersebut.

Slamet juga meminta agar masyarakat tetap melanjutkan proses pendaftaran yang dibuka secara online selama 24 jam.

(Penulis : Ihsanuddin/ Editor : Jessi Carina)

#Ragam #Hambatan #Proses #PPDB #Jakarta #dari #Situs #Error #hingga #Optimalisasi #Sistem #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts