10.000 Rapid Test Antigen Gratis Disiapkan Dinkes Kota Tangerang untuk Antisipasi Lonjakan Covid-19

  • Whatsapp

TANGERANG, KOMPAS.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menyediakan 10.000 kuota rapid test antigen di berbagai pusat keramaian di Kota Tangerang, mulai Minggu (16/5/2021) sampai Senin (24/5/2021).

Read More

Kepala Dinkes Kota Tangerang Liza Puspadewi menyebut, jajarannya menyediakan rapid test antigen secara gratis untuk mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19 pasca-libur Lebaran 2021.

“Hari ini, Dinkes menggelar di pusat keramaian, di antaranya Pasar Malabar, Pasar Anyar, dan CBD Ciledug,” sebut Liza melalui rilis resminya, Senin (17/5/2021).

“Di masing-masing (tempat), kami menarik 100 sampel antigen,” ucap dia.

Dari rapid test yang dilakukan di sejumlah tempat itu, kata Liza, terdapat lima orang yang positif Covid-19.

Dia menyatakan, lima orang tersebut terdiri dari dua warga Kecamatan Neglasari, satu warga Kecamatan Karawaci, satu warga Kecamatan Larangan, dan satu warga Kabupaten Tangerang.

Liza menyebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinkes Kabupaten Tangerang untuk menindaklanjuti perawaran satu warga Kabupaten Tangerang tersebut.

“Untuk yang warga Kota Tangerang, sudah kami kirim ke puskesmas domisili masing-masing untuk tindakan lebih lanjut,” kata dia. 

Dinkes Kota Tangerang, menurut Liza, memilih warga secara acak untuk mengikuti rapid test antigen di sejumlah pusat keramaian tersebut.

Selain menggunakan metode secara acak, pihaknya juga memperkenankan warga di pusat keramaian itu untuk mengikuti tes skrining Covid-19 itu.

“Petugas juga melakukan woro-woro (pengumuman) di lokasi tersebut untuk warga yang ingin ikut swab dipersilakan secara gratis,” ujar Liza.

Dia menyampaikan, Dinkes Kota Tangerang juga menyediakan rapid test antigen gratis di sejumlah puskesmas di Kota Tangerang.

Tak hanya itu, jajarannya turut melakukan skrining Covid-19 secara door to door di rumah para pemudik, berdasarkan laporan perangkat RT/RW setempat.

“Saya berharap seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk koperatif mengikuti tes swab baik di rumah sakit, puskesmas, maupun di pusat keramaian yang digelar Pemkot Tangerang,” ucap Liza.

#Rapid #Test #Antigen #Gratis #Disiapkan #Dinkes #Kota #Tangerang #untuk #Antisipasi #Lonjakan #Covid19 #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts