Polisi Tangkap Perusak Pagar TPU Utan Kayu

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Petugas kepolisian sektor Pulogadung mengamankan salah seorang warga yang diduga melakukan perusakan pagar di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Utan Kayu, Jakarta Timur.

Kepala Satpol PP Pulogadung Andik Sukaryanto mengatakan bahwa kejadian perusakan pagar TPU tersebut terjadi pada Jumat (14/5) sekitar pukul 14.30 WIB.

“Ada salah satu warga yang provokasi warga lain yang melakukan ziarah di TPU Utan Kayu dan warga berusaha masuk dengan merusak pagar,” kata Andik di Jakarta, Sabtu (15/5/2021), seperti dikutip Antara.

Andik melanjutkan, atas kejadian perusakan pagar TPU tersebut, pihaknya kemudian langsung melapor ke Polsek Pulogadung.

Tak lama kemudian, pelaku perusakan pagar langsung diamankan oleh Satreskrim Polsek Pulogadung.

“Pelaku perusakan langsung diamankan oleh personel Reskrim Polsek Pulogadung. Sampai saat ini TPU Utan Kayu kembali kondusif,” ujar Andik Sukaryanto.

Dia menambahkan, petugas sebelumnya sudah melakukan sosialisasi dan imbauan mengenai peniadaan kegiatan ziarah kubur seperti yang diatur dalam Seruan Gubernur Nomor 5 Tahun 2021.

“Personel Satpol PP Pulogadung sudah berusaha mengimbau dengan persuasif kepada warga untuk sementara tidak ziarah ke makam,” imbuhnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengatakan warga diperbolehkan kembali berziarah di TPU mulai Senin (17/5).

Kebijakan itu salah satu langkah untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 yang biasa terjadi setelah libur panjang.

“Sampai dengan hari Minggu tanggal 16 Mei, sesudah itu tempat ziarah kubur dibuka,” ujar Anies saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (14/5/2021), seperti dikutip Antara.

Kegiatan ziarah kubur ditiadakan sejak 12 hingga 16 Mei 2021.

Tak hanya di Jakarta, seluruh pemakaman yang ada di wilayah penyangga Ibu Kota juga bakal ditutup selama periode waktu tersebut.

“Seluruh pemakaman di Jabodetabek akan ditutup dari pengunjung untuk ziarah,” ujar Anies.

Meski demikian, Anies mengatakan, proses penutupan itu tak akan mengganggu aktivitas pemakaman di TPU karena peniadaan dilakukan hanya untuk peziarah.

“Untuk pemakaman sendiri berjalan di tempat-tempat pemakaman itu, nanti diatur oleh dinas pemakaman,” ucapnya.

#Polisi #Tangkap #Perusak #Pagar #TPU #Utan #Kayu #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts