Gereja Katedral Gelar Misa Hari Paskah, Jemaah Diarahkan lewat Pintu IV dan Tak Bawa Barang Berlebihan

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Gereja Katedral, Pasar Baru, Jakarta Pusat akan kembali menggelar ibadah pada Minggu (4/3/2021), sebagai rangkaian dari Tri Hari Suci Paskah 2021.

Read More

Humas Gereja Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie menjelaskan, pelaksanaan Ibadah Misa Hari Paskah 2021 di Gereja Katedral akan dibagi menjadi tiga sesi.

Sesi pertama akan berlangsung secara daring mulai pukul 09.00 WIB. Para jemaah bisa mengikuti ibadah tersebut dengan mengakses kanal Youtube Kosmos Katedral.

Sementara Ibadah tatap muka baru akan digelar pada sesi kedua pukul 11.00 WIB dan juga sesi ketiga pukul 17.00 WIB.

Dalam pelaksanaannya, ibadah tatap muka akan digelar terbatas untuk jemaah yang sudah melakukan pendaftaran secara daring.

Hal tersebut karena ada pembatasan jumlah jemaah di Gereja Katedral selama pandemi Covid-19, yakni 20 persen dari kapasitas normal.

Menurut Susyana, para jemaah yang belum mendaftar atau tidak bisa hadir ke gereja juga dapat mengikuti ibadah sesi kedua dan ketiga secara daring.

“Seluruh misa atau ibadah tatap muka disiarkan pula secara live streaming atau daring,” ujar Susyana dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu.

Terapkan sistem satu pintu

Susyana mengatakan, Gereja Katedral masih menerapkan sistem keluar masuk satu pintu dalam rangka pengetatan pengamanan.

Jemaah hanya bisa masuk dan keluar area gereja melalui Pintu IV yang berseberangan dengan Gerbang Al-Fattah Masjid Istiqlal.

Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan pemantauan dan pengawasan jemaah yang mengikuti ibadah tatap muka.

“Masih satu pintu di pintu IV. Untuk parkir kendaraan jemaah juga masih di Masjid Istiqlal,” kata Susyana.

Pembukaan pintu IV Gereja Katedral dipilih untuk mempermudah jemaah yang membawa kendaraan. Sebab, seluruh kendaraan jemaah akan diarahkan untuk parkir di Basement Masjid Istiqlal.

Diimbau tak bawa barang berlebihan

Selain itu, jemaah yang akan mengikuti rangkaian Ibadah Paskah di Gereja Katedral diimbau tidak membawa barang bawaan berlebih.

Susyana sebelumnya menjelaskan, pihaknya sudah mengirimkan pemberitahuan agar jemaah hanya membawa barang-barang yang diperlukan selama beribadah.

“Kami sudah mengimbau dengan mengirim teks ke semua umat yang akan hadir untuk tidak membawa barang berlebihan,” ujar Susyana kepada Wartawan, Jumat (2/4/2021).

Kendati demikian, lanjut Susyana, pihaknya bersama TNI-Polri tetap menyediakan alat deteksi untuk memeriksa tas dan barang yang terlanjur dibawa jamaah.

Dengan begitu, diharapkan tidak ada benda-benda yang masuk ke dalam area gereja dan membahayakan jalannya ibadah tatap muka.

“Jadi hanya secukupnya yang perlu digunakan saat misa atau ibadah. Tetap karena sudah disiapkan aparat mesin pengecekan x-ray,” pungkas Susyana.

#Gereja #Katedral #Gelar #Misa #Hari #Paskah #Jemaah #Diarahkan #lewat #Pintu #dan #Tak #Bawa #Barang #Berlebihan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts