IMIP Perhatikan Nakes Lewat Vaksinasi

  • Whatsapp
IMIP vaksinasi nakes
IMIP vaksinasi nakes

Demi mencegah penyebaran virus Covid-19, pemerintah tidak henti-hentinya memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Pemerintah dibantu dengan PT Indonesia Morowali Industrial Park atau IMIP untuk memerangi virus mematikan tersebut. Dan yang terbaru ini, dikabarkan IMIP memberikan perhatian pada tenaga kesehatan atau nakes dengan menggelar vaksinasi Covid-19. 

Sebelumnya, Bersama Yayasan Bintang Delapan dan Tsingshan (di bawah Tsingshan Charity Foundation), serta Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan Kementerian Pertahanan RRT, PT IMIP memberikan alat kesehatan (alkes) yang nantinya akan dipergunakan oleh nakes dalam upaya penanganan COVID-19. Bantuan alkes yang diberikan pada tanggal 23 Februari 2020 tersebut diterima langsung oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Read More

Selain alat kesehatan, program vaksinasi dari IMIP untuk nakes yang bekerja di Klinik PT IMIP diselenggarakan pada tanggal 8 dan 9 Februari 2021.

Digelar langsung di ruang serbaguna kantor PT IMIP, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, dr Friselina Nuransi Mandiangan selaku penanggung jawab klinik PT IMIP menjelaskan sebanyak 104 tenaga kesehatan yang meliputi dokter, perawat, analis kesehatan, dan tenaga kesehatan lainnya akan divaksin Covid-19.

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia sendiri resmi dimulai pada 13 Januari lalu oleh Presiden RI, Joko Widodo. Tak hanya pejabat negara, tenaga kesehatan menjadi prioritas awal untuk divaksin. 

“Mereka sangat antusias, karena keberhasilan vaksinasi ini akan menentukan keberhasilan pemberian kepada masyarakat di kemudian hari,” ujar dr Friselina, dikutip dari Kumparan, Senin (8/2). 

Tahap vaksinasi ini dibagi menjadi dua. Menurut dr Friselina, suntikan pertama dilakukan untuk memicu respon kekebalan awal sedangkan suntikan kedua yang rencananya akan dilakukan dua minggu setelah vaksinasi pertama adalah untuk menguatkan respon imun yang telah terbentuk. 

Tentu saja sebelum seseorang divaksin, kesehatan menjadi hal pertama yang diperhatikan. “Kalau soal prosedur, jika dalam pemeriksaan kesehatan dinyatakan sehat, maka yang bersangkutan akan menerima vaksin hari itu juga. Mereka yang dimundurkan jadwalnya atau di pending, di antaranya ibu hamil dan menyusui, memiliki riwayat terkonfirmasi COVID-19, dan punya penyakit kronis,” ujar dr Friselina. 

Dengan adanya pembagian alat kesehatan dan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh IMIP untuk nakes, ini membuktikan bahwa perusahaan tersebut peduli dengan pencegahan virus Covid-19 sekaligus membantu untuk memeranginya. 

Dr Friselina juga menambahkan, setelah dilakukannya vaksinasi Covid-19 bukan berarti kita menjadi melalaikan protokol kesehatan. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak wajib diterapkan sebagai upaya pencegahan virus Covid-19.

Related posts