Manfaat Investasi Asing Bagi Indonesia

  • Whatsapp
manfaat investasi asing bagi indonesia
manfaat investasi asing bagi indonesia

Ada berjuta mimpi di saat sebuah negara berdiri, mimpi yang dipanjatkan oleh masyarakatnya, yang berharap bahwa negara tempatnya berpijak akan menjadi tempat tinggal aman, nyaman, dan tentunya membuat sejahtera di masa depan. Terlebih bagi Indonesia yang selama ini terjebak menjadi negara berkembang. Pemerintah dengan segenap rencana merancang sebuah upaya Indonesia menjadi negara maju, salah satunya melalui investasi asing. Rupanya, manfaat investasi asing bagi Indonesia sangatlah beragam, salah satunya mendongkrak Indonesia menjadi negara maju.

Dengan negara semakin maju, maka kehidupan dan kualitas masyarakatnya akan naik kelas. Dengan kehidupan dan kualitas masyarakat yang meningkat, maka mimpi-mimpi yang tertunda serta target menjadi lebih baik dapat terwujud. Sebagaimana halnya Indonesia. Negara ini memiliki tujuan besar pada tahun 2045 mendatang untuk masuk 5 besar kekuatan ekonomi dunia dan peringkat ke-4 produk domestik bruto (PDB) di dunia.

Read More

Banyak upaya Indonesia menjadi negara maju, salah satunya adalah melalui inovasi dan pergerakannya di dunia ekonomi. Inovasi tersebut berwujud investasi pada sebuah negara. Wah, mengapa bisa begitu? Mari kita ambil contoh beberapa negara di dunia ini.

BACA JUGA: Investasi Asing Tidak Penting dan Bermanfaat Bagi Indonesia

Jika ditilik dari data World Bank, FDI (Foreign Direct Investment) atau penerimaan investasi langsung asing terbesar di dunia adalah negara berikut:

  1. Amerika Serikat : $318 miliar
  2. China : $155 miliar
  3. Singapura: $105 miliar
  4. Brazil: $78 miliar
  5. Inggris: $27 miliar
  6. Hong Kong: $53 miliar
  7. Vietnam: $29,11 miliar

Sedangkan menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal, Indonesia pada Triwulan II Tahun 2020 hanya mencapai $6,779 miliar untuk realisasi penanaman modal asing (PMA). Padahal segenap regulasi untuk kemudahan menarik investasi asing telah diterapkan di Indonesia. Namun, hal tersebut belum berpengaruh maksimal pada pemasukan devisa negara.

Malahan, dengan hasil realisasi ini menjadikan Indonesia terkesan jual mahal bahkan pelit bagi negara lain yang hendak menanamkan investasi ke Indonesia. Padahal, manfaat investasi asing bagi Indonesia begitu beragam! Tentu kesejahteraan masyarakat akan lebih terjamin karena lapangan kerja baru akan terbuka, penguasaan ilmu dan teknologi baru, serta stabilitas ekonomi lebih terjamin. Tidak inginkah kita semua untuk menatap Indonesia yang lebih maju? Tidak inginkah kita semua, sebagai masyarakat, menikmati buah hasil dari kerja keras pemerintah untuk masa depan bangsanya? Tidak inginkah kita, bergotong royong untuk mewujudkan upaya Indonesia menjadi negara maju?

Lantas, sebenarnya sudah siapkah Indonesia membuka pintu lebar bagi investor yang akan menanamkan modal investasi di Tanah Air? Sudah siapkah kita menerima manfaat investasi asing bagi Indonesia? Atau masih tetap jual mahal? Atau malah sudah berada di zona nyaman dan tak ingin berpindah untuk lebih maju?

Related posts