Pansus Banjir DPRD DKI: Rencana Penanganan Banjir Pemprov Bagus, tapi Eksekusi Tak Maksimal

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Panitia Khusus (Pansus) Banjir DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mengatakan, program yang disiapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai penanganan banjir belum sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan.

Read More

Hal ini diungkapkan Zita setelah rapat Panitia Khusus (Pansus) Banjir DPRD DKI bersama Dinas Sumber Daya Air (SDA), dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengenai masterplan dan kebijakan penanganan banjir di Ibu Kota.

“Kami sudah dengar paparannya, dari rencana jangka panjang, menengah, hingga jangka pendek. Tapi dengan rencana yang ada, banjir di DKI semakin parah, itu yang ingin kami telusuri,” ujar Zita saat dikonfirmasi, Selasa (6/10/2020).

Dari hasil rapat, menurut Zita, paparan yang disampaikan eksekutif sangat detail dan jelas. Bahkan rencana panjang dan pendek penanganan banjir disiapkan dengan baik.

Hanya saja, eksekusi atau praktik Pemprov DKI di lapangan tak berjalan baik sehingga banjir masih saja menghantui Jakarta.

Hal ini pun menjadi perhatian khusus Pansus Banjir DPRD agar bisa mengantisipasi banjir pada akhir maupun awal tahun.

Tak hanya perencanaan penanganan banjir, pihaknya akan juga memfokuskan segi anggaran dan prioritas penanggulangan banjir.

Apalagi banjir Jakarta masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPKMD). Untuk itu banjir Jakarta perlu untuk diatasi.

“Kita akan lihat lagi dari segi anggaran dan prioritas program. Apalagi program banjir itu masuk dalam RPJMD, kita mau lihat sudah sejauh mana implementasinya. Jangan sampai rencana bagus, tapi penerapannya belum maksimal,” kata dia.

Rapat Pansus Banjir DPRD DKI bersama Pemda akan dilanjutkan pada pekan depan. Zita pun menginginkan legislatif dan eksekutif satu pandangan dalam penanganan banjir ini.

“Kami support apa yang sudah baik. Temukan kelemahannya, akan jadi bahan rekomendasi dari kami untuk Pemprov. Mungkin dari segi anggaran, SDM, atau hal yang lebih besar lagi,” tutupnya.

#Pansus #Banjir #DPRD #DKI #Rencana #Penanganan #Banjir #Pemprov #Bagus #tapi #Eksekusi #Tak #Maksimal

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts