Sultan HB X: Jangan Terlalu Bombastis Bicara Masalah Corona Halaman all

  • Whatsapp

YOGYAKARTA, KOMPAS. com – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X tak bisa melarang masyarakat DIY agar tidak pergi keluar daerah sehingga tidak bisa mencari sesuap nasi.

Read More

“Ya karena kita memang tidak bisa mengatakan orang Yogya jangan pergi dari Yogya, kan enggak bisa. Ataupun juga kita menutup diri (tidak bisa),” katanya di Keraton Yogyakarta, Jumat (2/10/2020).

Menurut Sultan, saat ini yang terpenting adalah melakukan adaptasi.

 

Dirinya enggan berasumsi Covid-19 membahayakan dan pagi hingga malam harus berbicara masalah Covid.

“Saya tidak mau terlalu berasumsi corona sangat membahayakan sehingga pagi, siang, sore, malam saya harus bicara masalah Covid. Sehingga orang kecil takut mencari sesuap nasi, saya khawatir masyarakat Yogya nanti berada di jalan dan mengatakan ‘Bapak Gubernur, kami lapar’, saya enggak mau itu terjadi,” ucapnya.

Sehingga, sambung Sultan, dalam keadaan seperti ini masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan dalam konteks beradaptasi dengan pandemi Covid-19.

“Karena corona ini memang enggak ada obatnya, jadi demam berdarah (DB), maupun sakit flu maupun apa, itu sama. Kita enggak punya antibodi, sehingga dengan adanya kita beri suplemen harapannya tumbuh antibodi,” ucap Sultan.

Dalam kesempatan ini, Sultan mengimbau agar pembicaraan Covid-19 tidak berlebihan karena dapat berpengaruh dengan kondisi psikologi masyarakat.

“Jadi kita jangan terlalu bombastis bicara masalah corona yang akhirnya juga justru memberikan kondisi (berdampak psikologis) pada masyarakat stress, itu kan juga risikonya gede untuk antibodi. Bagaimana sekarang kita mengadaptasi (beradaptasi),” ucapnya.

Selain itu, menurut Sultan HB X, obat Covid-19 sebenarnya murah harganya, yaitu berdiam diri di rumah saja. Akan tetapi, masyarakat tidak bisa begitu saja berdiam diri di rumah.

“Nah, keluar dari rumah itu karena tidak hati-hati bisa akhirnya positif (covid). Obatnya murah kok, cuma tinggal (di rumah), makan, tidur, makan, tidur. Kalau enggak mau (kena Covid). Tp kan manusia enggak bisa,” ucapnya.

#Sultan #Jangan #Terlalu #Bombastis #Bicara #Masalah #Corona #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts